SOLOPOS.COM - MOBIL ESEMKA -- Mobil rakitan siswa SMK, Kiat Esemka yang dijadikan mobil dinas oleh Walikota dan Wakil Walikota Solo. Bupati Karanganyar juga berminat membeli mobil sejenis. (JIBI/SOLOPOS/dok)

MOBIL ESEMKA -- Mobil rakitan siswa SMK, Kiat Esemka yang dijadikan mobil dinas oleh Walikota dan Wakil Walikota Solo. Bupati Karanganyar juga berminat membeli mobil sejenis. (JIBI/SOLOPOS/dok)

KARANGANYAR – Tak mau kalah dengan Walikota Solo, Joko Widodo, Bupati Karanganyar, Rina Iriani SR, akan membeli enam mobil Kiat Esemka yang dibuat oleh siswa SMKN 2 Solo.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Rencananya, keenam mobil tersebut untuk kebutuhan dinas Bupati, Wakil Bupati, Sekda dan ketiga Asisten Sekda. Dengan membeli mobil buatan dalam negeri, Pemkab Karanganyar akan menghemat anggaran Rp1,2 miliar. Pasalnya dalam APBD 2012, Pemkab mengalokasikan pembelian mobil dinas Rp1,850 miliar untuk dua Toyota Innova, tiga Toyota Rush dan satu sedan.

“Dengan membeli mobil nasional maka bisa berhemat sebab rata-rata mobil Kiat Esemka dihargai sekitar Rp90 juta,” ujar Rina saat ditemui wartawan di Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Rabu (4/1/2012).

Rina menegaskan niatnya membeli mobil Esemka itu tidak ikut-ikutan Walikota Solo Joko Widodo. Rina mengklaim dulu pernah menggunakan mobil merek Timor. “Pak Jokowi mungkin baru-baru ini saja menggunakan mobil nasional tapi saya sudah menggunakannya dulu,” katanya.

Ia juga tidak khawatir pembelian mobil itu bertentangan dengan Gubernur Jateng, Bibit Waluyo, sebab ia mempertimbangkan efisiensi APBD. Mobil Kiat Esemka itu, imbuhnya, akan menggantikan mobil dinas sedan Toyota Camry, yang baru diganti tahun 2010 lalu. Camry itu akan dipakai oleh SKPD yang lain atau untuk tamu.

JIBI/SOLOPOS/Farid Syafrodhi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya