SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Bupati Sragen Agus Fatchur Rachman

SRAGEN--Bupati Sragen, Agus Fatchur Rahman, menandatangani sebanyak 170 dokumen pengesahan Surat Keputusan (SK) pengangkatan perangkat desa (perdes) terpilih di lebih dari 83 desa yang menyebar di 17 kecamatan, Sabtu (9/6/2012).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kasubag Pemerintahan Desa (Pemdes) Bagian Pemerintahan dan Pertanahan
Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Sragen, Sumanto, saat dijumpai Solopos.com, Sabtu, menerangkan Bupati Sragen sudah menandatangani dokumen pengesahan 145 SK perdes terpilih dari 188 SK perdes yang diajukan desa.

Data yang disampaikan Sumanto tersebut berdasarkan hasil rekapitulasi per pukul 10.00 WIB. Berdasarkan rekapitulasi Subagian Pemdes per pukul 13.00 WIB, jumlah desa yang mengajukan pengesahan SK perdes ke Bupati meningkat dari 188 formasi menjadi 191 formasi dari total 236 formasi. Sebanyak 170 formasi di antaranya sudah ditandatangi Bupati Sragen. Menurut Sumanto, sisa SK yang belum disahkan Bupati masih sebanyak 21 SK. Pengesahan puluhan SK itu, kata dia, masih dalam proses asman di meja Bupati Sragen.

“Penandatanganan pengesahan SK itu dilakukan dalam jangka waktu 15 hari setelah SK diterima Bupati. Dalam regulasi yang ada tidak mengatur adanya batasan pengajuan SK itu. Namun panitia sudah membuat jadwal tahapan seleksi perdes ini. Bagi desa yang sudah menerima pengesahan bisa langsung melantik perdes terpilih. Mungkin
saja hari ini (Sabtu, 9/6-red), sudah ada desa yang melantik perdes terpilih. Datanya belum masuk ke kami,” tegas Sumanto.

Di Desa Katelan, Kecamatan Tangen, Kepala Urusan (kaur) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Yudha Harishantoro dan kaur keungan terpilih , Agus Purwanto, dilantik kades setempat, Suyono. Pelantikan dilaksanakan secara khitmad dan disaksikan panitia seleksi perdes tingkat kecamatan.

Pelantikan perdes juga dilaksanakan di Desa Ngrombo, Kecamatan Tangen. Dua kadus atau bayan terpilih, yakni Jono, Kadus Gemblak dan Sutar, Kadus Glinggang dilantik Kades Ngrombo, Kristiana. Jagabaya terpilih Desa Sigit, Sujadno, dan pamong tani desa (PTD) terpilih Desa Sigit, Sutono, juga dilantik, Sabtu.

“Saya mengetahui ada enam perdes di tiga desa di Tangen sudah dilantik dan sah. Saya atas nama Forum Masyarakat Sragen (Formas) wilayah Singensumonar (Gesi, Tangen, Sukodono, Mondokan dan Jenar-red) menyatakan pelantikan itu sah-sah saja. Tapi upaya gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) tetap jalan terus. Kita tunggu
hasilnya nanti. Soal indikasi titipan dan sogokan serta PDLT (prestasi, dedikasi, loyalitas dan tidak tercela-red) tetap jadi sorotan,” ujar Wakil Ketua Bidang Advokasi Formas, Sri Wahono, kepada Solopos.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya