SOLOPOS.COM - Bupati Wonogiri, Joko Sutopo. (Solopos/M. Aris Munandar)

Solopos.com, WONOGIRI — Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, menjamin pemudik yang sudah sampai di perbatasan Wonogiri tak akan dihalau atau diminta putar balik.

Mereka dipersilakan menuju tempat tujuan dengan syarat harus disiplin menjalankan protokol pencegahan penularan virus corona (Covid-19), seperti karantina mandiri. Bupati memastikan aparat Polres Wonogiri yang bertugas di pos komando (posko) terpadu perbatasan tak menghalau pemudik.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Lelaki yang akrab disapa Jekek itu saat ditemui Solopos.com di Sekretariat Daerah (Setda), belum lama ini, menyampaikan dirinya tetap memegang prinsip tak menolak pemudik, karena mereka adalah warganya.

Pabrik Sarung Goyor di Tegal Tak Loyo saat Covid-19

Mereka kembali pulang ke kampung halaman untuk melanjutkan hidup, lantaran di perantauan tak lagi bisa bekerja. Bagi mereka berada di kampung sangat membagiakan meski hanya makan nasi dengan sambal bawang bersama keluarga.

“Apa pun risikonya itu masyarakat kami, akan kami terima dengan semua konsekuensinya. Soal pencegahan penularan Covid-19 menjadi tanggung jawab semua pihak. Masyarakat harus menjaga sikap [disiplin laksanakan protokol], tokoh masyarakat intensif mengedukasi, pemerintah harus melahirkan kebijakan. Kalau ini berjalan dengan baik [wabah Covid-19] akan selesai,” ucap Bupati.

Bupati membantah informasi yang menyebut pemudik dihalau atau diminta putar balik saat akan masuk Wonogiri. Dia menjamin hal tersebut tidak ada di Wonogiri. Dia mengklaim Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Polres Wonogiri dalam satu koordinasi.

KRL Solo-Jogja Ditarget Beroperasi 2020, Tiru 5 Layanan Commuter Line?

Sebelumnya, Bupati dan Kapolres sudah berkoordinasi membahas ihwal hal tersebut. Kebijakan tak menghalau pemudik sudah disepakati bersama. Jekek meyakini petugas mengaplikasikan kebijakan itu, karena polisi di lapangan mematuhi pimpinan.

Cek Posko Terpadu

Bahkan, dia mempersilakan kepada siapa pun untuk mengecek kegiatan di posko terpadu untuk membuktikan polisi menghalau pemudik atau tidak. “Yang dihalau adalah orang yang masuk Wonogiri dengan tujuan tidak jelas atau tidak penting. Misalnya mau berekreasi atau memancing. Kalau pemudik, saya jamin tidak akan dihalau,” imbuh Bupati.

Pantauan Solopos.com di Posko Terpadu Nambangan, Selogiri, beberapa waktu lalu, aparat Polres Wonogiri mendapati empat mobil travel yang mengangkut puluhan pemudik dari Jakarta dan sekitarnya. Petugas memeriksa suhu tubuh mereka. Pada akhirnya polisi mempersilakan mereka menuju tempat tujuan di Wonogiri dan meminta mereka menjalani karantina mandiri di rumah.

Salah Cara Menyimpan Beras, Siap-Siap Kutu Bertambah 30 Ekor/Pekan

Seperti diketahui, pemerintah melarang warga mudik sejak 24 April 2020 lalu. Namun, warga tetap mudik menggunakan mobil pribadi atau travel. Data pemudik yang masuk Wonogiri pada 24 April tercatat 45.843 jiwa, sehari setelah itu naik menjadi 48.784 jiwa.

Setiap hari jumlah pemudik yang masuk Wonogiri terus bertambah hingga pada Kamis (7/5/2020) tercatat 54.846 jiwa. Hal itu berarti pemudik yang masuk Wonogiri sejak pemerintah melarang mudik hingga hari itu sebanyak 9.003 jiwa.

Terpisah, Kapolres Wonogiri, AKBP Christian Tobing, saat diminta konfirmasi mengatakan pihaknya satu koordinasi dengan Pemkab. Petugas tetap meminta memutar balik jika mendapati warga yang masuk Wonogiri jika tujuannya tak penting. Hanya, dia tak hapal data rincian jumlah kendaraan dan orang yang diminta putar balik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya