SOLOPOS.COM - Suasana di pintu timur keberangkatan bus di Terminal Tirtonadi, Solo, pada H-3 Lebaran atau Minggu (7/4/2024) siang. Bus Antar Kota Dalam Provinsi atau AKDP juga ingin mendapat keuntungan selama momen mudik Lebaran. (Solopos.com/Ahmad Kurnia Sidik)

Solopos.com, SOLO–H-3 Lebaran, pemudik mulai memadati Terminal Tirtonadi Solo. Pantauan Solopos.com, Minggu (7/4/2024) pukul 13.30 WIB hingga pukul 15.00 WIB, tampak ratusan pemudik yang menggendong ransel, membawa koper berukuran mulai dari kecil hingga besar, serta membawa kardus mulai sibuk memilih bus tujuan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

Tidak kalah riuh, para kru bus juga tampak sibuk menggaet penumpang di pemberhentian pintu timur Terminal Tirtonadi.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Salah satu staf bus Tunas Merapi, Catur, menyampaikan bahwa selama arus mudik Lebaran ini mengalami peningkatan penumpang dibandingkan dengan hari biasa. Bus Tunas Merapi menyediakan dua unit bus melayani angkutan Solo menuju Pracimantoro, Wonogiri.

“Sudah dua hari ini lumayan penumpang kalau dibandingkan dengan hari biasa. Kemarin sekali berangkat bisa membawa sekitar 20 penumpang dari terminal ini, kalau hari biasa, ya enggak ada penumpang dari sini itu biasa,” jelas Catur saat ditemui Solopos.com di Terminal Tirtonadi, Minggu (7/4/2024).

Tak sampai di situ, Catur juga menambahkan bahwa lonjakan penumpang saat arus mudik Lebaran dibandingkan dengan tahun sebelumnya justru menurun. Sebab, menurut dia, mudik gratis yang disediakan oleh pemerintah saat ini langsung sampai ke terminal tujuan pemudik.

“Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kalau enggak salah sebelum pandemi Covid, mudik gratis itu turunnya di sini [Terminal Tirtonadi] jadi kami dapat bagian [penumpang]. Dulu itu bus bisa penuh dalam sekali berangkat. Kalau sekarang mudik gratis ada yang sampai langsung ke Pracimantoro. Jadi [penumpang] bus dari sini berkurang,” ungkap Catur.

Hal yang sama juga disampaikan oleh salah satu staf bus Al-Amin, Joko Pramono. Ia menjelaskan sejak Jumat (5/4/ 2024) lalu bus yang melayani perjalanan menuju Pracimantoro, Wonogiri itu mulai mendapat penumpang mudik tujuan Pracimantoro.

Bus Al-Amin menyediakan lima unit bus, di mana dua di antaranya untuk melayani pesanan pemudik dari Jakarta menuju Pracimantoro, sementara sisanya tetap pada rute yang sama, yaitu Solo-Pracimantoro dan sebaliknya.

“Ada peningkatan jumlah penumpang, walupun tidak signifikan. Tapi lumayanlah daripada hari biasa,” jelas Joko saat ditemui Solopos.com di Terminal Tirtonadi, Minggu (7/4/2024).

Joko bercerita dari tiga armada yang tersedia, yang mengangkut banyak penumpang saat arus mudik ini hanya satu. Sementara dua bus lainnya tetap meningkat penumpangnya namun tidak signifikan.

“Yang bisa mengangkut 20 sampai 30 penumpang dalam sekali berangkat dari sini paling cuma satu bus yang berangkat pertama sekitar jam 13.35 WIB. Lainnya ya seperti biasa, berharap ada penumpang dari pinggir jalan nanti,” ungkap Joko.

Saat ditanya apakah mudik gratis yang disediakan pemerintah berpengaruh terhadap jumlah penumpang, Joko membenarkan hal tersebut.

“Di terminal ini kan hanya transit, jadi kalau mudik gratis itu ada yang diantar sampai lokasi tujuan, yang di sini pasti berkurang,” kata Joko.

Saat Solopos.com tanya apakah ada kenaikan harga tiket mudik Lebaran kepada Catur dan Joko, keduanya serempak menjawab bahwa kenaikan harga tiket sebesar 10% dari harga awal.

“Kami cuma berani menaikkan harga 10%. Awalnya sekitar Rp35.000-an, musim mudik ini jadi sekitar Rp40.000-an. Enggak berani naikkan harga terlalu tinggi,” jelas Catur.

Sementara itu, berdasarkan data yang diterima Solopos.com dari Humas Terminal Tirtonadi, Heru Murdhani yang mewakili Koordinator Pengawas Satuan Pelayanan (Wassatpel) Terminal Tirtonadi, Bandiyono, mencatat bahwa terjadi peningkatan jumlah armada bus AKDP yang melayani keberangkatan pemudik dari Terminal Tirtonadi pada H-4 Lebaran tahun ini meningkat menjadi 147 bus, sementara jumlah penumpang sebanyak 1.458 orang. Pada H-4 Lebaran tahun lalu, bus AKDP yang berangkat dari Terminal Tirtonadi sebanyak 77 bus dengan total penumpang 1.519 orang.

Tampak jumlah bus meningkat, namun penumpang pada H-4 Lebaran tahun ini menurun. Semantara data jumlah bus dan penumpang untuk H-3 Lebaran tahun ini atau Minggu (7/4/2024) belum tercatat.

“Tahun ini, bus yang banyak banyak berangkat adalah bus dengan rute pendek atau AKDP,” jelas Heru saat ditemui Solopos.com di Terminal Tirtonadi, Minggu (7/4/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya