SOLOPOS.COM - Para pelajar membuat konten tentang bus sekolah yang baru di halaman Dishub Sragen, belum lama ini. (Istimewa/Dishub Sragen)

Solopos.com, SRAGEN—Setelah sukses membuka jalur bus sekolah dari Tunjungan Sambungmacan ke Sragen dengan animo tinggi, Dinas Perhubungan (Dishub) mengembangkan bus sekolah dengan membuka jalur B dari arah barat mulai Senin (7/8/2023) besok.

Jalur B itu dimulai dari Grompol Masaran hingga halte depan PMI Sragen untuk rute pemberangkatan sekolah dan jalur sebaliknya untuk jam pulang sekolah.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kepala Dishub Sragen, Catur Sarjanto, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (6/8/2023), mengungkapkan pelayanan bus sekolah ini gratis untuk pelajar. Dia menerangkan ada 20 lokasi pemberhentian di sepanjang jalur B itu, yakni untuk pemberangkatan sekolah dimulai dari depan minimarket Indomaret Grompol Masaran pada pukul 06.00 WIB.

Kemudian berlanjut ke SMPN 1 Masaran, simpang Pasar Masaran, SMP Muhammadiyah 2 Masaran, Puskesmas Masaran, pos lalu lintas Bulu Sidoharjo, SMPN 1 Sidoharjo, simpang Nguwer Sidoharjo, SDN 2 Jetak Sidoharjo, simpang Pungkruk Sidoharjo, Halte Gambiran Sragen, SMA Muhammadiyah 1 Sragen, halte Beloran Sragen, Alfamidi Sukowati Sragen, SMPN 1 Sragen, SMP Muhammadiyah 1 Sragen, halte SMPN 2 Sragen, SMKN 1 Sragen, SMAN 1 Sragen, dan terakhir di halte PMI Sragen.

“Rute Tunjungan-Sragen sudah cukup dengan satu bus. Ini ada penambahan satu bus lagi dengan rute Grompol Masaran-Sragen. Jalur barat ini merupakan jalan nasional yang rawan kecelakaan lalu lintas. Jalur ini banyak kendaraan yang melintas sehingga dengan adanya bus sekolah sebagai salah satu upaya menyelamatkan anak sekolah menuju ke sekolah masing-masing. Keberadaan bus sekolah juga mengurangi kepadatan lalu lintas,” ujar Catur.

Dia menerangkan bus sekolah di jalur B ini baru uji coba dan sosialisasi. Dia berencana mengevaluasi operasional bus sekolah itu dengan menyesuaikan animo masyarakat. Dia mengatakan sosialisasi ke sekolah-sekolah dilakukan sambil jalan dengan operasional bus tersebut.

Kasi Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dishub Sragen, Dwi Astika Karya Agung, menambahkan penambahan satu bus sekolah itu merupakan pemanfaatan bus milik Pemkab Sragen yang dialihkan ke Dishub Sragen. Dia menyampaikan para pegiat Kelompok Masyarakat Sadar Keselamatan Berlalu lintas (KMSK) Sragen juga membuat konten tentang bus sekolah beberapa waktu lalu.

Berikut Jalur Bus Sekolah Baru Masaran-Sragen

Ruas jalan yang dilewati

Grompol Masaran-Jalan Solo-Sragen-Simpang Pungkruk-Jalan Raya Sukowati Barat-Jalan Raya Sukowati Timur-Halte Bus PMI Sragen

Pengoperasian bus sekolah jalur B

  • 20 lokasi pemberhentian
  • Jam berangkat sekolah pukul 06.00 WIB
  • Jam pulang sekolah pukul 14.30 WIB

Daftar sekolah yang dilewatu bus sekolah jalur B

  1. SMPN 1 Masaran.
  2. SMP Muhammadiyah 2 Masaran
  3. SMPN 1 Sidoharjo
  4. SDN 2 Jetak Sidoharjo
  5. SMA Muhammadiyah 1 Sragen
  6. SMPN 1 Sragen
  7. SMP Muhammadiyah 1 Sragen
  8. SMPN 2 Sragen
  9. SMKN 1 Sragen
  10. SMAN 1 Sragen

Sumber: Dishub Sragen (trh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya