SOLOPOS.COM - Proses pembacaan rekapitulasi perolehan suara yang digelar KPU Sragen di Gedung IPHI Krapyak, Sragen, Rabu (28/2/2024). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Para pimpinan partai politik (parpol) ikut menyaksikan Rapat Pleno Terbuka rekapitulasi perolehan suara yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen di Gedung IPHI Krapyak, Sragen, Rabu (28/2/2024). Pembacaan hasil rekapitulasi itu membutuhkan waktu 1 jam per kecamatan.

KPU menargetkan rekapitulasi per kecamatan itu  selesai pada Jumat (1/3/2024) besok. Ketua KPU Sragen, Prihantoro P.N., menyampaikan proses rekapitulasi dilakukan hingga pukul 18.00 WIB. Rekapitulasi tadi dimulai dari Kecamatan Kalijambe, lalu dilanjut Plupuh, dan Masaran.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Tadi untuk Kalijambe itu membutuhkan waktu satu jam per kecamatan. Dengan 20 kecamatan, maka kami butuh waktu sampai Jumat besok. Tadi waktu rekapitulasi di Kalijambe sempat ada salah penempatan suara antarcaleg tetapi bisa langsung dikoreksi. Kejadian itu merupaka kejadian khusus,” ujarnya.

Saat rekapitulasi suara di Plupuh juga ada kejadian khusus yakni penempatan pemilih perempuan dan laki-laki dalam daftar pemilih tetap (DPT) terbalik, tetapi tidak mempengaruhi perolehan suara.

“Tadi ada penyesuaian di Sirekap karena ada kendala teknis. Sekarang data Sirekap dan plano di kecamatan sama. Plano itu yang diplenokan di kecamatan. Sekarang KPU membacakan hasil rekapitulasi dari kecamatan,” lanjut Prihantoro.

Rekapitulasi ini dihadiri seluruh saksi dari 18 parpol, kecuali Partai Bulan Bintang (PBB). Ada juga Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan panwascam. Sementara Para pimpinan parpol yang hadir di Gedung IPHI di antaranya Ketua DPD Partai Nasdem Sragen, Tono, didampingi caleg Bambang Widjo Purwanto dan Ketua DPC Partai Gerindra Sragen, Wahyu Dwi Setyaningrum. Mereka hadir untuk mengawasi suara masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya