SOLOPOS.COM - Api membakar bus rombongan asal Kendal di Winong Boyolali, Sabtu (21/1/2023). Kebakaran terjadi saat mereka akan pulang dari Cepogo Cheese Park. (Solopos.com/Ni'matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Bus rombongan asal Kendal terbakar di turunan jalur Solo-Selo-Borobudur tepatnya di depan Pabrik Tupai, Winong, Boyolali, pada Sabtu (21/1/2023) siang sekitar pukul 13.15 WIB. Butuh waktu satu jam untuk memadamkan api yang membakar bus medium itu.

“Tadi butuh dua mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api, jadi pemadaman tidak terlalu lama. Dibantu juga sama hujan, jadi pemadaman hampir satu jam,” ujar Kapolres Boyolali, AKBP Petrus Parningotan Silalahi, melalui Wakapolres, Kompol Eko Kurniawan, di lokasi.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Ia mengungkapkan bus yang terbakar tersebur memuat 24 orang dengan rincian 22 penumpang, satu kernet, dan sopir. Semua penumpang dalam keadaan selamat. Akan tetapi bus terbakar sekitar 90%.

Kronologi kejadian berawal saat rombongan asal Kendal tersebut akan pulang dari Cepogo Cheese Park. Dalam perjalanan, sopir mencium bau kampas rem terbakar. Menjelang tempat kejadian perkara (TKP) tiba-tiba ada percikan di atas roda. “Kemudian timbul api, lalu bus dipinggirkan dan penumpang turun,” jelas Eko.

Bus Rombongan Asal Kendal terbakar di boyolali
Bus medium terbakar di jalan Cepogo – Boyolali tepatnya di Winong, Boyolali, pada Sabtu (21/1/2023) siang. (Solopos.com/Ni’matul Faizah)

Terkait penyebab pasti kejadian, polisi masih menyelidikinya. Namun, diduga bus mengalami korsleting. Polisi kemudian berkoordinasi dengan pemilik PO agar mengirimkan armada lain untuk menjemput penumpang.

Lebih lanjut, Eko mengatakan Cepogo Cheese Park yang baru saja dikunjungi rombongan asal Kendal tersebut berada di daerah tinggi. Selain menanjak, jalur menuju ke sana pun berliku. Sehingga pemilik kendaraan dan PO bus wajib memperhatikan kesehatan kendaraannya sebelum pergi ke objek wisata baru ini.

“Jadi aspek keselamatan kendaraan dicek. Misal sudah waktunya reparasi dan servis ya segera dilakukan,” kata dia.

Berdasarkan pantauan Solopos.com di lokasi kejadian, bus akhirnya dievakuasi oleh kepolisian sekitar pukul 15.15 WIB. Akibat kejadian tersebut, beberapa kabel jaringan telepon juga terputus.

Sebelumnya diberitakan, bus berukuran medium terbakar di jalur Cepogo-Boyolali tepatnya di Winong, Boyolali, pada Sabtu (21/1/2023) siang. Kejadian tersebut mengakibatkan bus hangus terbakar.

Bus Rombongan Asal Kendal terbakar di boyolali
Para penumpang bus yang terbakar menunggu jemputan yang akan membawa mereka pula ke Kendal. (Solopos.com/Ni’matul Faizah)

Bus tersebut mengangkut rombongan asal Kendal yang baru saja selesai berwisata dari Cepogo Cheese Park. Rombongan ini menaiki dua bus.

Bau Sangit

Menurut salah satu anggota rombongan, Falah, salah satu bus, yakni yang bernopol AB 7031 KO, mengalami kebakaran saat tiba di depan area pabrik Tupai Boyolali.

“Tadi pas waktu turun, di depan Pasar Cepogo sudah ada bau sangit. Tapi kami kira itu hal biasa, kan busnya ngerem terus,” ujarnya di lokasi.

Kemudian, di turunan panjang arah Cepogo – Boyolali setelah Pasar Cepogo, bau sangit semakin terasa. Barulah saat tiba di depan area pabrik Tupai Boyolali bagian depan bus mengeluarkan asap. Melihat itu, rombongan pun keluar dari bus untuk menyelamatkan diri.

“Ibu-ibu dan anak-anak kami dahulukan, alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Namun, ada kerugian material seperti handphone, charger, dan baju-baju. Tiga menit setelah semua penumpang turun, bus itu terbakar gitu,” jelas Falah.

Ada sekitar 21 orang yang menumpang bus tersebut dan semuanya selamat. Saat ini, rombongan masih menunggu jemputan yang disediakan oleh penyedia bus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya