SOLOPOS.COM - Petugas damkar berupaya memadamkan api di toko perabot rumah tangga di kawasan Tipes, Serengan, Solo, Rabu (15/11/2022) pagi. (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO — Petugas pemadam kebakaran (damkar) membutuhkan waktu kurang lebih dua jam untuk memadamkan kobaran api yang meludeskan toko perabotan rumah tangga did Jl Veteran, Tipes, Serengan, Solo, Rabu (16/11/2022) pagi.

Kepala Dinas Damkar Solo, Sutarja, mengatakan saat tiba di lokasi kejadian, petugas damkar kesulitan masuk ke dalam toko. Pintu gerbang dikunci dari luar dan dalam.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Jendela kaca juga dilengkapi teralis besi. Sulit dijebol. Petugas dibantu sukarelawan lantas mendobrak pintu menggunakan besi untuk memperlancar upaya pemadaman kobaran api,” kata dia saat ditemui wartawan di lokasi kejadian.

Sutarja menyebut jumlah mobil damkar yang dikerahkan ke lokasi kebakaran di toko perabotan rumah tangga di Tipes itu sekitar 15 unit dari Kota Solo, Sukoharjo dan Boyolali. Proses pemadaman membutuhkan waktu sekitar dua jam.

Soal dugaan penyebab kebakaran, Sutarja belum bisa memastikan. Dia juga belum bertemu langsung dengan karyawan maupun pemilik toko. “Untuk sementara, petugas damkar masih di lokasi kejadian selama proses pendinginan,” ujarnya.

Baca Juga: Kebakaran Toko Perabotan Rumah Tangga Tipes Solo Padam, Api dari Lantai II

Satu hal yang jelas, Sutarja mengatakan sumber api diketahui berasal dari lantai II kemudian menjalar ke lantai bawah. Kobaran api menjalar dengan cepat ke lantai di bawahnya yang banyak terdapat perabotan rumah tangga berbahan plastik.

Pantaun Solopos.com, petugas damkar berupaya memadamkan kobaran api menggunakan mobil damkar yang dilengkapi tangga. Petugas menyemprotkan air melalui jendela lantai II. Meski dalam proses pendinginan, asap masih mengepul tinggi dari lantai II toko tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya