SOLOPOS.COM - Salah satu mobil ambulans yang dimiliki oleh RSUD Pandan Arang Boyolali. Total ada lima ambulans yang disediakan RSUD Pandan Arang untuk melaksanakan penjemputan gratis 24 jam. (Istimewa/RSUD Pandan Arang)

Solopos.com, BOYOLALI–Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pandan Arang (RSPA) Boyolali telah memulai memberikan layanan ambulans gratis sejak Desember 2021.

Sebanyak lima ambulans telah disiagakan untuk menjemput pasien.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala Kepala Bidang Pelayanan Medik dan Pelayanan Penunjang Medik RSUD Pandan Arang, dr. Astrid Fitrian Purwandari, mengungkapkan saat ini ambulans gratis 24 jam milik RSUD Pandan Arang tersebut beroperasi di 10 kecamatan.

Sepuluh kecamatan tersebut antara lain Boyolali, Musuk, Tamansari, Cepogo, Gladagsari, Ampel, Mojosongo, Teras, Banyudono, dan Sawit.

ambulans RSUD Pandan Arang Boyolali
Ruang di dalam salah satu mobil ambulans yang dimiliki oleh RSUD Pandan Arang Boyolali. Layanan ambulans gratis tersebut dimulai sejak Desember 2021. (Istimewa/RSUD Pandan Arang)

“Untuk saat ini baru 10 kecamatan yang paling dekat dengan RSPA, hubungannya dengan respond time penjemputan dan jumlah sarana yang ada,” kata Astrid saat dihubungi Solopos.com, Jumat (28/5/2022).

Baca Juga: RSUD Pandan Arang Boyolali Punya Layanan Ambulans 24 Jam Gratis

Astrid mengatakan layanan ambulans gratis tersebut diluncurkan dengan tujuan mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan di rumah sakit.

Lebih lanjut, Astrid mengatakan cara untuk memanggil layanan ambulans gratis cukup dengan panggilan telepon atau lewat WhatsApp.

“Aksesnya melalui nomor telepon (0276) 321074 dan di nomor WhatsApp 081328935210. Dua-duanya bisa dipakai untuk menghubungi, nanti via WhatsApp juga bisa share loc,” jelas dia.

Astrid menambahkan setelah mendapatkan telepon dari masyarakat, maka petugas penerima telepon akan melakukan screening. Setelah itu, lanjut Astrid, tim penjemput akan siap dalam waktu lima menit dan segera meluncur ke lokasi.

Ia menjelaskan selain gratis keunggulan layanan ambulans gratis RSUD Pandan Arang adalah menyediakan penjemputan oleh tenaga medis dan nonmedis terlatih serta alat kedokteran sesuai standar.

Baca Juga: RSUD Pandan Arang Boyolali Gencar Penyuluhan Kesehatan, Warga Senang

“Harapannya semoga layanan ambulans gratis dapat berguna dan nantinya dapat mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan di rumah sakit. Terutama bagi masyarakat yang kurang mampu karena ini gratis,” kata dia.

Sementara itu salah satu warga Boyolali, Luqman Hakim, 18, mengapresiasi dengan adanya layanan ambulans gratis yang disediakan oleh RSUD Pandan Arang Boyolali. Ia mengaku baru tahu jika RSUD tipe B tersebut memiliki layanan ambulans gratis.

“Semoga layanan tersebut bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk masyarakat Boyolali,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya