SOLOPOS.COM - Warga menonton proses penyembelihan salah satu Sapi dari Presiden Jokowi di Masjid Al Wustho Mangkunegaran Solo, Minggu (10/7/2022). (Solopos.com/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Sapi kurban dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) disembelih di Masjid Al Wustho Mangkunegaran, Solo, Minggu (10/7/2022). Penyembelihan sapi berukuran jumbo itu pun menjadi tontonan jemaah seusai menunaikan salat Iduadha.

Takbir berkumandang seiring dengan suara dentuman di Masjid Al Wustho. Dentuman yang sedikit menggetarkan tersebut, berasal dari sapi pertama yang disembelih.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Bukan sembarangan, sapi tersebut berasal dari Presiden Jokowi. Sapi berukuran jumbo itu memiliki berat nyaris satu ton. Butuh 15 orang untuk membantu proses penyembelihan sapi.

Tidak mudah merobohkan sang sapi yang berjenis simental atau biasa disebut sapi limosin ini. Meskipun sudah ditali dengan cukup kuat, dibutuhkan lebih dari 15 orang untuk menjatuhkan sekaligus menyembelih sapi tersebut.

Meskipun sudah mengerahkan 15 orang, langkah untuk menjatuhkan dan menyembelih sapi tersebut juga tidak mudah. Dibutuhkan lebih dari 20 menit untuk merubuhkan sapi jumbo itu. Sapi berwarna hitam-putih tersebut minim perlawanan, namun sangat sulit dijatuhkan. 

Baca juga : Jadi Perhatian, Begini Proses Penyembelihan Sapi Kurban Milik Presiden

Setelah sapi berhasil dijatuhkan, gema takbir berkumandang dari para warga ataupun anak-anak yang datang ke Masjid Al Wustho. Sang jagal dengan tenang memotong leher sapi dan berusaha untuk tidak menyakiti sapi di saat-saat terakhirnya. Tidak ada gerakan atau gestur kesakitan dari sapi jumbo tersebut.

Tidak berbeda dengan sapi pertama, sapi kedua dengan warna coklat bercorak putih juga membutuhkan usaha serupa. Bahkan membutuhkan waktu lebih lama untuk dirobohkan, sekitar 30 menit.

Setelah keduanya disembelih, jagal terlatih bersama dengan warga memotong bagian kepala dan menguliti sapi-sapi tersebut. Tidak lama kemudian, kedua sapi dibawa untuk dipotong-potong dan dibagikan kepada warga.

Baca juga : Salat Iduladha, Warga Perkotaan Wonogiri Padati 4 Lokasi Ini

Jadi Tontonan

Diungkapkan Hardi, salah satu warga yang membantu untuk menyembelih sapi tersebut, menyebut sapi dari Jokowi dan hewan kurban lainnya nantinya akan dibagikan ke warga sekitar Masjid. Meski begitu, juga terdapat beberapa sapi yang sudah dipesan dagingnya.

“Daging-dagingnya nanti akan dibagikan ke warga sekitar Masjid sini, baik kambing ataupun sapi. Tetapi juga sudah ada yang dipesan untuk diambil nantinya,” terangnya.

Penyembelihan sapi ini, juga menarik untuk hiburan, diungkapkan Laksmi, salah satu warga yang menyaksikan penyembelihan sapi. Ia merekam sekaligus mengambil beberapa gambar dari sapi yang disembelih tersebut. Pasalnya, sapi tersebut berasal dari orang nomor satu di Indonesia.

“Buat kenang-kenangan, kan sapinya dari Pak Jokowi, jadi tentu spesial, sapinya juga gede dan beda sama sapi-sapi lainnya,” terangnya.

Baca juga : 17 Menit, Sapi Kurban Jokowi Dijagal di Masjid Agung Solo

Anak-anak yang hadir pun juga menikmati penyembelihan sapi dari Jokowi. Lukman misalnya, salah satu anak yang menonton penyembelihan sapi, mengaku sangat terhibur, sekaligus bisa belajar tuntunan agama.

“Ya sapinya juga besar terus dari Pak Jokowi, saya jadi tertarik nontonnya. Juga kan ini di buku agama juga ada, jadi ya pengen tahu caranya,” ujar anak kelas 3 SD ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya