SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Benteng Vastenburg (Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

SOLO – Proses penilaian dan pemberian rekomendasi pemanfaatan objek cagar budaya Benteng Vastenburg oleh Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kota Solo terus berlanjut.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Untuk mendukung proses tersebut, sekaligus mengkaji lebih dalam mengenai sejarah keberadaan benteng peninggalan Belanda itu, sebuah seminar bertajuk Pertumbuhan Awal Permukiman Kolonial di Kota Solo digelar di Balai Tawangarum Kompleks Balaikota, Rabu (18/4/2012).

Sejumlah pembicara hadir dalam acara yang diprakarsai oleh TACB dan Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) itu. Di antaranya arkeolog dan peneliti di Balai Arkeologi Yogyakarta, Novida Abbas; pengajar di Departemen Sejarah Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, Bondan Kanumoyoso dan dari kalangan hukum, Moh Jamin dari UNS Solo dan ahli hukum TACB, Suharsono.

Materi yang dibahas meliputi mulai dari sejarah pembangunan benteng sebagai embrio awal permukiman kolonial dan pengaruhnya terhadap tata ruang kota hingga penguasaan oleh pihak swasta menurut kacamata hukum. Seminar diikuti oleh kalangan akademisi, PNS, dan tokoh masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya