SOLOPOS.COM - Pendapa Dalem Joyokusuman. (JIB/SOLOPOS/Dok)

Cagar budaya Solo yakni Dalem Joyokusuman segera direvitalisasi.

Solopos.com, SOLO – Dalem Joyokusuman yang berada di Kelurahan Gajahan, Pasar Kliwon, Solo, akan segera direvitalisasi oleh Pemkot Solo.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Terkait hal itu, lima keluarga yang tinggal di lahan depan regol Dalem Joyokusuman menyatakan kesiapannya untuk dipindah ke lokasi lain.

Namun mereka meminta Pemkot Solo memberikan ganti rugi tanah dan bangunan yang bisa ditempati selayaknya seperti sebelumnya.

Lurah Gajahan, Susanto, mengaku telah berkomunikasi dengan keluarga yang tinggal di depan Dalem Joyokusuman guna menyampaikan rencana revitalisasi itu.

“Tentu saja kami juga sampaikan bahwa pemindahan tak akan dilakukan secara sewenang-wenang. Pasti ada ganti untung selayaknya. Ini sudah bukan zamannya menggusur-gusur,” papar Susanto saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (28/1/2016).

Lahan hunian kelima warga tersebut memiliki luas 225 meteran persegi. Meski hanya satu rumah yang berdiri, namun di dalamnya ada sekat-sekat untuk lima keluarga. Mereka semua mengaku masih satu keluarga.

Selain diberi lokasi pengganti, lanjut Lurah, kelima keluarga tersebut juga akan diprioritaskan ketika nantinya ada pemanfaatan ruang di sekitar Joyokusuman untuk usaha jasa atau tempat berjualan.

Suwanto, 58, kepala keluarga rumah di depan Joyokusuman membenarkan telah diajak bicara oleh Lurah Susanto. “Intinya kami bersedia [dipindah]. Nanti, soal lahan penggantinya, ya perlu dirembug lagi,” paparnya.

Suwanto mengatakan lahan yang ditempatinya bersama keluarga lainnya adalah warisan orang tuanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya