SOLOPOS.COM - Benteng Vasternburg (Dok/JIBI/Solopos)

Cagar budaya Solo, Pemkot Solo berencana merestorasi jagang atau parit di sekeliling Benteng Vastenburg.

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berencana merestorasi jagang atau parit Benteng Vastenburg seiring rencana wisata air di kawasan tersebut.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Sebagai tahapan awal akan dilakukan kajian arkeologis sebagai tindak lanjut pengambilalihan pengelolaan Benteng Vastenburg dari Kementerian Pertahanan (Kemenhan).  Baca juga: Vastenburg Akhirnya Dikelola Pemkot

Kepala Bidang (Kabid) Pelestarian Kawasan dan Bangunan Cagar Budaya Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) Solo, Mufti Raharjo, mengatakan kajian arkeologis meliputi tingkat kerusakan serta kondisi saat ini dan dulu. Hal itu perlu dilakukan sebelum Pemkot mematangkan rencana  restorasi jagang Vastenburg.

“Kami akan ekskavasi ulang jagang parit di sana, untuk mengukur kedalaman, lebar atau luasnya. Apakah masih sama dengan kondisi dulu atau tidak,” kata Mufti ketika dijumpai di ruang kerjanya, Rabu (16/11/2016).

Kajian arkeologis rencananya menggandeng pihak terkait seperti Tim Ahli Cagar Budaya (TACB), Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah, akademisi, dan lainnya. Selain itu, Pemkot akan mencari data bangunan Benteng Vastenburg.

Data ini menjadi acuan Pemkot dalam melangkah untuk merestorasi jagang benteng pertahanan tersebut. Baru setelah itu, Pemkot menyusun perencanaan rehabilitasi.

“Tahap selanjutnya peruntukan, pengembangan, dan pemanfaatannya,” kata dia.

Hingga kini Pemkot masih menunggu proses pelimpahan pengelolaan Benteng Vastenburg yang tercatat sebagai aset Kemenhan. “Secara kebijakan antarinstitusi, yaitu Kemenhan dan Pemkot ambil alih pengelolaan Vastenburg telah selesai. Kita hanya tunggu waktu penyerahan,” kata dia.

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo yang biasa disapa Rudy mengatakan alih kelola bangunan benteng dinilai bisa mendukung pemanfaatan kawasan Vastenburg untuk kepentingan publik. Parit di sekeliling benteng sudah didesain sebagai obyek wisata air.

Rudy berencana menyulap parit menjadi wisata air ala Kota Venezia, Italia. Tahap awal akan memfungsikan parit sebagai embung lewat pembuatan gorong-gorong. Dengan begitu Benteng Vasteburg bisa menjadi ikon wisata baru di Kota Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya