SOLOPOS.COM - Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Tengah (Jateng), Rinto Subekti. (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Solopos.com, KARANGANYAR—Caleg DPR RI dari Partai Demokrat, Rinto Subekti, memimpin perolehan suara di Daerah Pemilihan (Dapil) IV Jawa Tengah (Jateng).

Tidak hanya unggul di kalangan Caleg internal Partai Demokrat, Rinto menjadi juara di antara semua Caleg di dapil itu. Berdasarkan real count KPU pada Minggu (18/2/2024) malam, Rinto berdiri di puncak dengan mengantongi 66.606 suara.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Namun, dia tidak boleh lengah. Sebab Caleg PDIP, Dolfie O.F.P. berdiri tidak jauh darinya, dengan perolehan 65.881 suara. Suara Rinto juga unggul dari sejumlah Caleg yang sudah mempunyai nama besar seperti Bambang “Pacul” Wuryanto dari PDIP.

Pacul, panggilan akrabnya, baru mendapatkan 49.199 suara. Sedangkan putri dari Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, yaitu Diah Pikatan O. Putri Haprani, mendapatkan 48.917 suara. Perolehan tersebut kalah tipis dari suara Caleg lain PDIP, Paryono.

Mantan Wakil Bupati (Wabup) Karanganyar itu mendapatkan 48.999 suara. Perolehan suara Rinto juga lebih banyak dari suara yang dikumpulkan mantan Bupati Karanganyar, Juliyatmono. Politikus Partai Golkar itu mendapatkan 61.500 suara.

Sementara Caleg petahana dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Luluk Nur Hamidah, mendapatkan 24.795 suara. Namun perolehan suara tersebut masih bersifat sementara. Sebab data suara yang masuk sampai berita ini dibuat baru 65,29%.

Berdasarkan catatan Solopos.com, Rinto bukan sosok baru di dunia perpolitikan Jateng maupun nasional. Sebab dia pernah menjadi legislator Senayan pada periode 2009-2014. Belakangan dia dipercaya sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Jateng.

Nama laki-laki kelahiran Tawangmangu, Karanganyar, tersebut juga mulai masuk dalam bursa Calon Bupati (Cabup) di Pilkada 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya