SOLOPOS.COM - Sejumlah calhaj dari Grobogan menunggu pemeriksaan kesehatan di Gedung Jeddah Embarkasi Solo, Selasa (23/5/2023). (Solopos.com/Nova Malinda).

Solopos.com, SOLO–Jemaah calon haji (calhaj) kloter pertama yang tiba di Embarkasi Haji Solo atau Asrama Haji Donohudan dijadwalkan datang pada pukul 06.00 WIB, Selasa (23/5/2023).

Pantauan Solopos.com, calhaj sudah sampai di asrama sekitar pukul 04.30 WIB. Rombongan dari Kabupaten Grobogan dikawal oleh patwal polisi memasuki asrama. Rombongan datang gasik dan menunaikan salat Subuh di asrama. Saat ini pada pukul 05.50 WIB, para Calhaj sudah menjalani proses pemeriksaan kesehatan.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kasi Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Gentur Rachma Indriadi, menyampaikan kloter pertama dari Kabupaten Grobogan. Setiap kloter pada umumnya berjumlah total 360 orang dengan lima petugas daerah. Kedatangan para jamaah akan langsung disambut oleh satgas penerimaan dari PPIH Embarkasi Solo di Gedung Jeddah.

“Di situ akan dilakukan porses penerimaan dari petugas daerah kepada petugas PPIH, setelah diterima para jamaah haji akan melakukan run check kesehatan,” ucap dia saat ditemui di Embarkasi Solo, Senin (22/5/2023).

Setiap calhaj akan dilakukan pemeriksaan untuk memastikan kondisi tubuh benar-benar sehat. Selanjutnya, para calhaj akan diantar ke kamar masing-masing.

“Selama di Embarkasi kurang lebih 23 jam, jamaah akan menerima tiga kali makan dan dua kali snack,” jelas dia.

Setiap calhaj juga akan menerima gelang sebagai penanda jamaah indonesia di tanah suci nantinya. Lalu, calhaj akan menerima living cost sesuai kebijakan dari pemerintah pusat.

“Untuk 2023, living cost berupa rupiah senilai Rp3.030.000, ini memang kebijakan dari pusat,” ungkap dia.

Setelah semua keperluan piranti calhaj diserahkan kepada petugas, ketua regu (karu), ketua rombongan (karom), maupun jamaah. Petugas sweeping akan menginformasikan kepada calhaj empat jam sebelum penerbangan atau sedianya pukul 20.00 WIB, kloter satu akan diterbangkan pada 00.30 WIB.

“Seluruh barang bawaan dicek ulang jangan sampai dimasukkan lagi barang-barang yang dilarang, jangan sampai ada yang tertinggal juga, paspor juga akan dipandu, disiapkan juga tas tentengnya,” terang dia.

Pada saat tiga jam sebelum keberangkatan atau sekitar pukul 22.00 WIB, para calhaj sudah dipandu untuk keluar dari kamar menuju gedung muzdhalifah.

Satu jam sebelum keberangkatan atau 23.30 WIB semua calhaj harus sudah masuk bus. Para calhaj akan diantar menggunakan bus menuju Bandara Adi Soemarmo.

“Khusus kloter satu memang ada prosesi pelepasan, biasanya ada pejabat yang rawuh,” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya