SOLOPOS.COM - Ilustrasi jenazah. (Freepik)

Solopos.com, SOLO—Jemaah calon haji atau calhaj  yang meninggal dari Embarkasi Donohudan Boyolali bertambah menjadi 14 orang.

Kepala Subbagian (Kasubag) Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Gentur Rachma Indriadi mengatakan pada Jumat (7/6/2024) terdapat tambahan dua calhaj yang meninggal dunia di Tanah Suci.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Berdasarkan data yang diterima Solopos.com Sabtu (8/6/2024), dua jemaah tersebut yakni Sukirto Arja Semita, 70, dari kloter 22 asal Kab. Cilacap yang meninggal di Hotel Kawthar Al Mahaba Mekah. Lalu yang kedua adalah Wagirah Kastorejo, 75 dari kloter 11 asal Kab. Kebumen meninggal di RS King Faisal Mekah.

Dengan demikian total calhaj dari Embarkasi Solo yang meninggal sebanyak 14 orang dengan rincian dua calhaj meninggal di Madinah, sepuluh calhaj meninggal di Makkah, dan dua lagi meninggal di Tanah Air.

Gentur mengatakan bagi Calhaj yang meninggal di Arab Saudi tidak dipulangkan ke Tanah Air, melainkan dimakamkan di Makkah maupun Madinah. Calhaj yang tidak sempat menyelesaikan ibadah haji itu dibadalkan oleh panitia.

Berdasarkan data, Calhaj yang meninggal merupakan jamaah lanjut usia atau lansia yang sudah berumur 70 sampai 80 tahun. Sebagai informasi, 30% Calhaj dari Embarkasi Solo merupakan kelompok dengan resiko tinggi yakni lansia dan difabel.

Sebelumnya, Gentur menyebut guna melayani calhaj lansia dan difabel pihaknya menyiapkan tim khusus yang bertugas mendampingi selama pelaksanaan ibadah haji.

“Secara khusus kemarin ketua PPHI mengatakan bahwa ini merupakan tugas bersama, semua bidang yang ada di embarkasi harus siap melayani jemaah khususnya yang lansia dan disabilitas,” kata dia.

Dia mengatakan keterlibatan semua bidang yang dimaksud adalah pelayanan calhaj lansia dan difabel sejak dari kedatangan. Ketika sudah tiba di Asrama Haji Donohudan tim kesehatan sudah harus responsif jika ada yang memerlukan penanganan khusus.

“Sehingga semua harus ambil peran dengan porsi masing-masing, harapannya bisa memberikan pelayanan maksimal kepada jemaah haji khususnya lansia dan disabilitas,” kata dia.

Sebagai informasi data per Sabtu (8/6/2024) jemaah yang sudah masuk Asrama Haji Donohudan Solo sebanyak 97 kloter dengan total 34.946 orang. 

Jemaah haji yang sudah diterbangkan menuju Tanah Suci sebanyak 96 kloter, dengan perincian 34.548 orang. Sedangkan jemaah yang sudah berada di Tanah Suci sebanyak 95 kloter, dengan total 34.178 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya