SOLOPOS.COM - Pura Mangkunegaran. Foto diambil Rabu (19/10/2011). (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

Pura Mangkunegaran. Foto diambil, Rabu (19/10/2011). (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

SOLO–Sebanyak 11 calon duta besar (dubes) mengikuti tur keliling Solo dengan bus tingkat Werkudara, Rabu (29/8/2012) pagi.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Mereka mengunjungi sejumlah tempat di antaranya Pura Mangkunegaran, Pasar Triwindu dan Museum Batik Wuryoningratan.

Kunjungan itu dimaksudkan untuk memberikan gambaran langsung kepada mereka mengenai berbagai potensi yang bisa mereka promosikan ke negara tempat mereka bertugas nanti. Salah seorang calon dubes yang akan menempati pos di Malaysia, Marsekal TNI Purn Herman Prayitno, mengatakan Solo memiliki potensi yang layak untuk dijual terutama potensi pariwisata dan budaya.

“Di sini banyak bangunan-bangunan seperti Mangkunegaran ini yang usianya sudah 200-an tahun tapi tetap terpelihara dengan sangat baik. Saya juga lihat banyak turis asing yang sangat terkesan melihat bangunan ini,” jelas Herman, saat diwawancarai Solopos.com, di sela-sela kunjungan di Pura Mangkunegaran.

Untuk persiapan penugasan mereka, para calon dubes itu memang hanya mengunjungi Solo. Sebab, Solo dinilai punya banyak potensi tapi kurang promosi. “Salah satunya potensi batik, dibandingkan Bandung, promosi Solo sangat kurang,” ujarnya.

Karena itulah, Herman menambahkan ia siap mempromosikan semua potensi yang ada di Solo dan seluruh Indonesia di tempatnya bertugas.   Sementara pemimpin rombongan, Staf Ahli Menteri Luar Negeri Bidang Hubungan Antar Lembaga, Suprapto Martosetomo, mengatakan tujuan kunjungan itu adalah untuk pengenalan wilayah dan menggali potensi di Solo untuk bekal promosi ke luar negeri. Sebab memang itulah salah satu tugas dubes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya