SOLOPOS.COM - Penari menunjukan penampilan tarian Bedhaya Anglir Mendhung saat acara Tingalan Jumenengan Ke-2 Mangkunagoro X di Pendhapa Ageng Pura Mangkunegaran, Solo, Senin (19/2/2024). (Solopos.com/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLO–Pimpinan Pura Mangkunegaran, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunagoro X dinilai potensial menjadi suksesor Gibran Rakabuming Raka sebagai Wali Kota Solo.

Kota Solo membutuhkan calon pemimpin masa depan yang progresif dan mampu merangkul berbagai kalangan masyarakat. Santer kabar Mangkunagoro X dilirik sejumlah partai politik (parpol) dalam kontestasi politik kepada daerah serentak 2024.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kedekatan Mangkunagoro X dengan Gibran terlihat saat dua akli ditunjuk sebagai inspektur upacara agenda kegiatan Pemkot Solo. Mangkunagoro X ditunjuk sebagai inspektur upacara saat peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia pada Agustus 2023.

Belum lama ini, Mangkunagoro X kembali ditunjuk sebagai inspektur upacara saat peringatan Hari Jadi ke-279 Kota Solo. Sosok Mangkunagoro X dinilai calon pemimpin muda yang progrsif dan selalu mengikuti perkembangan zaman.

Di bawah kepemimpinannya, Mangkunegaran semakin membuka diri dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk menggelar berbagai event untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya.

“Kanjeng Gusti [Mangkunagoro X] sosok pemimpin muda potensial yang mau merawat dan menjaga budaya Jawa. Para pegiat seni dan budaya dirangkul demi mewujudkan Pura Mangkunegaran sebagai pusat budaya Jawa,” kata komposer musik sekaligus dosen ISI Solo, Peni Candra Rini, saat berbincang dengan Solopos.com di Pura Mangkunegaran, Senin (19/2/2024).

Peraih penghargaan internasional Aga Khan Award 2022 ini memiliki harapan khusus suksesor Gibran Rakabuming Raka yang menjadi pemimpin di Kota Bengawan. Kota Solo dikenal sebagai kota seni dan budaya.

Sederet event seni dan budaya menjadi salah satu agenda kegiatan rutin di Solo. Karena itu, calon pemimpin masa depan di Kota Solo harus memiliki komitmen tinggi merangkul komunitas seni dan budaya yang menjadi instrumen dalam menjaga branding Solo sebagai kota budaya.

“Kota Solo butuh pemimpin yang bisa merangkul para seniman. Menjaga dan merawat seni dan budaya yang bernilai tinggi,” ujar dia.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengatakan banyak figur-figur dari kalangan anak muda yang memiliki potensi memimpin Kota Bengawan. Mereka bisa memberikan kontribusi nyata dengan membangun Kota Solo.

Gibran mempersilakan para ketua parpol untuk menjaring figur-figur yang berpotensi meneruskan tongkat estafet kepemimpinan sebagai Wali Kota Solo. Yang jelas, warga memiliki hak untuk menentukan calon pemimpin di Kota Solo.

“Ya mangga didiskusikan dengan ketua parpol. Enggak harus muda, enggak harus masalah usia. Yang menentukan bukan saya, yang menentukan warga,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya