SOLOPOS.COM - Candi Lumbung Klaten. (Istimewa/Instagram @hshndy)

Solopos.com, KLATEN — Salah satu candi di Kabupaten Klaten ini bernama Candi Lumbung. Candi ini berlokasi di Tlogo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

Dilansir dari berbagai sumber pada Selasa (13/12/2022), Candi Lumbung merupakan bangunan warisan umat Buddha yang sampai sekarang masih berdiri kokoh. Candi Lumbung ini di bangun abad ke-9 sampai abad ke-10 oleh Kerajaan Mataram Kuno.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Belum diketahui secara pasti awal nama candi lumbung ini. Namun, warga sekitar menamainya dengan Candi Lumbung sebab bentuknya yang mirip dengan lumbung padi. Hingga sekarang candi ini di sebut dengan Candi Lumbung.

Bangunan Candi Lumbung ini berdiri di atas batur yang memiliki ketinggian 2,5 meter, pintu masuk dan tangga berada di sisi timur yang dilengkapi dengan bilik penampil serta lorong menuju ke dalam candi. Atap candi utama sudah hancur tapi bangunan atapnya yang berbentuk stupa dengan ujung yang runcing mirip dengan candi perwira.

Wisata Candi Lumbung memiliki pesona bangunan yang cukup unik. Sebab candi utamanya yang dikelilingi 16 candi perwara.

Baca Juga: Begini Asal-Usul Candi Prambanan

Candi Lumbung juga menyajikan spot instagenic yang memiliki nuansa klasik dengan bangunan bersejarahnya. Fasilitas yang ada di Candi Lumbung juga sudah memadai, seperti ada pusat informasi, toilet dan kamar mandi, gazebo, spot foto instagramable, area parkir yang luas, tempat ibadah, warung wisata, dan pusat oleh-oleh, suvenir serta cenderamata.

Harga tiket masuk ke Candi Lumbung dibanderol seharga Rp30.000. Harga tersebut sebanding dengan apa yang kita dapatkan di dalam sana.

Biaya parkir motor di hargai Rp3.000, Rp5.000 untuk mobil dan Rp15.000 untuk bis. Jam operasional Candi Lumbung dimulai dari jam 08.00 WIB sampai 17.15 WIB.

Baca Juga: Candi Plaosan Klaten, Kisah Kekuatan Cinta Beda Agama di Zaman Mataram Kuno

Jika ingin berkunjung ke cadi ini lebih baik pada saat pagi hari karena cuacanya yang tak terlalu panas. Jangan lupa membawa kamera agar mendapatkan foto yang instagramable.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya