SOLOPOS.COM - Aktivitas pedagang berjualan di kios Pasar Klewer Timur, Solo. (Ivanovich AldinoJIBI/Solopos)

Pemkot Solo sowan ke tujuh kementerian untuk mengupayakan pencairan dana revitalisasi Pasar Klewer sisi timur.

solopos.com, SOLO—Pemerintah Kota (Pemkot) Solo terpaksa sowan ke tujuh kementerian agar dana revitalisasi Pasar Klewer sisi timur segera cair. Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, datang ke Kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian BUMN terkait pencairan anggaran untuk revitalisasi Pasar Klewer sisi timur.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Kemarin kebut sowan ke tujuh kementerian, salah satunya agar dana untuk pembangunan Pasar Klewer segera cair,” kata Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, di sela-sela peresmian e-retribusi di Pasar Klewer Solo, Kamis (1/6/2017).

Seperti diketahui, Pemkot Solo telah menerima kepastian terkait kucuran anggaran dari pusat senilai Rp48 miliar untuk proyek lanjutan Pasar Klewer. Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Solo, Subagiyo, juga mengamini upaya Wali Kota Solo agar anggaran untuk Pasar Klewer sisi timur segera cair. Dengan upaya tersebut, Subagiyo memastikan anggaran akan cair tidak lama lagi, paling lambat pertengahan tahun ini.

“Semoga segera cair, harapannya Juni-Juli ini sudah bisa cair. Langsung lelang, bangun, dan target kami awal tahun 2018 pedagang di Pasar Klewer sisi timur sudah menempati bangunan yang baru. Pak Wali juga sudah ke Jakarta, ngoyak-oyak ke kementerian agar dananya segera cair,” kata Subagiyo, saat berbincang dengan Solopos.com.

Seperti diketahui, anggaran yang diperlukan untuk merevitalisasi Pasar Klewer sisi timur mencapai Rp48 miliar. Selain dari Kemendag, dana revitalisasi itu juga diperoleh dari corporate social responsibility (CSR) sejumlah BUMN sehingga Kemendag juga berkomunikasi dengan Kementerian BUMN.

Subagiyo menjelaskan jika proyek revitalisasi Pasar Klewer sisi timur dimulai, pedagang akan menempati basement Pasar Klewer sisi barat sebagai pasar darurat. Lokasi basement diperkirakan cukup untuk menampung 545 pedagang dari Pasar Klewer sisi timur. “RAB [rencana anggaran biaya] sudah siap, DED [detail engineering design] juga sudah ada, tinggal tunggu anggaran. Pasar darurat untuk pedagang juga sudah kami siapkan,” kata Subagiyo dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya