SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO—Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bakal mencari pendanaan untuk program pembangunan Kota Solo ke Uni Emirat Arab (UEA) akhir tahun ini. Namun Gibran masih menunggu izin ke luar negeri sejauh ini.

 Wali Kota Solo menjelaskan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohammed bin Zayed al-Nahyan (MBZ) mengundang Gibran waktu mereka berbincang di satu mobil setelah peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Senin (14/11/2022).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

 “Undangannya dari sana ya bukan saya yang inisiatif berangkat,” kata Gibran ditemui di Balai Kota Solo, Selasa (20/12/2022).

 Gibran mengatakan bakal melakukan presentasi kepada pemerintah UEA mengenai berbagai bidang, antara lain, tentang kesehatan, pendidikan, kawasan kumuh, dan jalan-jalan kampung di Kota Solo.

Namun, lanjut dia, upaya presentasi ke UEA masih menunggu izin dari Gubernur Jateng serta Menteri Dalam Negeri. Apabila mendapatkan izin, Gibran akan melakukan presentasi ke UEA. Tim organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Solo juga dipersiapkan.

Baca Juga: Dukung Wisata Masjid Sheikh Zayed Solo, Warga Gilingan Buka Stan Kuliner

“Ini masih menunggu yang penting proposalku sudah dibaca menteri di sana [UEA]” ungkapnya.

“Kalau dapat izin berangkat, kalau enggak dapat izin enggak berangkat,” lanjutnya. Ditanya apakah Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Solo Selvi Ananda bakal ikut ke UEA, Gibran menjawab diplomatis.

“Izin dulu berjenjang gubernur, menteri,” ujar dia. 

Baca Juga: Keraton Solo Kembali Memanas, Wali Kota Gibran Mengaku Sudah Tawarkan Solusi

 Sebelumnya, Wali Kota Solo menjelaskan mengobrol dengan MBZ selama sekitar 15 menit di dalam mobil. Obrolan yang dilakukan empat mata itu dinilai produktif.

“Tadi waktu saya mengantar beliau [MBZ] pulang satu mobil tuh ya berbicara masalah kesehatan dan pendidikan. Dua itu pesan dari beliau yang akan dibantu lagi,” kata Gibran kepada wartawan di Balai Kota Solo, Senin (14/11/2022) siang.

Adapun Keluarga Presiden Jokowi menjamu Presiden UEA dengan makanan khas Jawa di kediaman Presiden, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo. 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya