SOLOPOS.COM - Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo, Siti Khotimah terkait pembukaan Solo Indonesia Culinary Festival (SICF) 2023. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Sebanyak 10.000 tusuk satai akan dibagikan kepada pengunjung pada pembukaan Solo Indonesia Culinary Festival (SICF) 2023 di Benteng Vastenburg, Kamis (9/3/2023) malam.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo, Siti Khotimah, mengatakan setelah mengangkat sambal tahun lalu, panitia SICF kali ini mengangkat satai. Panitia akan membagikan 10.000 tusuk satai bagi pengunjung.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

“Kami mengangkat satai karena melihat Kota Solo semakin banyak pedagang satai. Orang Solo suka makan satai,” kata dia kepada Solopos.com di sela-sela kegiatan Pelatihan Asesor Kompetensi WPA bidang ekonomi kreatif yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Solia Hotel Yosodipuro, Solo, Selasa (7/3/2023).

Dia menjelaskan panitia SICF mengundang Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan pejabat Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada pembukaan SICF 2023. Pemkot Solo tidak mengalokasikan anggaran untuk SICF 2023.

“Perbedaan  SICF 2023 dari tahun-tahun sebelumnya, penyelenggara tidak ada biaya dari Pemkot. Biaya dari penyelenggara sendiri dengan menggandeng stakeholder terkait, yakni pengusaha satai, kementerian, dan perhotelan,” jelas dia.

Siti mengatakan kegiatan berlangsung 9 Maret sampai 12 Maret 2023 dengan melibatkan sebanyak 100 tenant di Benteng Vastenburg. Penyelenggara punya target khusus dalam jumlah kunjungan dan transaksi.

“Target tentu kunjungan untuk menghadiri SICF dari masyarakat Solo khususnya wisatawan. Target wisatawan untuk melihat dan menikmati kuliner yang ada di Kota Solo,” paparnya. Sementara Siti tidak hafal target transaksi tahun ini.

Catatan Solopos.com, sekitar 20.000 porsi sambal dan 1.000 porsi tengkleng dibagikan kepada warga selama kegiatan SICF 2022 di Benteng Vastenburg Solo, 4 sampai 7 Agustus 2022.

Penyelenggara menyajikan 16 jenis sambal khas nusantara serta menyajikan 11 sambal negara-negara ASEAN yang merupakan para peserta ASEAN Para Games (APG) XI 2022 di Kota Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya