SOLOPOS.COM - Infografis ASN New Normal (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Pemkab tengah mematangkan aturan larangan aparatur sipil negara (ASN) berpergian ke luar kota. Larangan yang akan dituangkan dalam bentuk surat resmi ini seiring melonjaknya kasus Covid-19.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo, Widodo mengatakan mobilitas ASN dalam rangka pekerjaan ataupun keperluan pribadi ke luar daerah tidak dianjurkan. Pemkab juga telah menerima surat resmi dari Gubernur Jawa Tengah terkait larangan ASN bepergian ke luar daerah.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

"Sudah ada Surat Gubernur Jawa Tengah atas larangan ASN bepergian ke luar daerah. Saat ini masih kita kaji. Sementara ini di Sukoharjo sifatnya masih imbauan," kata Widodo, Jumat (25/6/2021).

Baca juga: Kasus Corona Melonjak, Sukoharjo Zona Merah Covid-19

Widodo mengatakan aturan mengenai larangan ASN bepergian ke luar kota memang diperlukan mengingat tren kenaikan kasus positif di Sukoharjo. Terlebih, sejumlah daerah masuk zona merah atau mendekati zona merah risiko penularan Corona.

Sehingga diperlukan langkah kehati-hatian Pemkab sebagai antisipasi dan kewaspadaan menyikapi situasi yang ada. Pemkab Sukoharjo juga sudah meminta pada masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) untuk menyesuaikan dengan kondisi pandemi. Penyesuaian dilakukan seperti pembagian kerja pegawai melalui work from home (WFH) dan pelayanan pada masyarakat.

Baca juga: Pemkab Wonogiri Pertimbangkan Rekrut Fresh Graduate Jadi Sukarelawan Penanganan Covid-19

"Selain soal larangan ASN ke luar daerah, juga dilakukan pengaturan pelayanan masyarakat. Yakni mengurangi dan mengubah tatap muka atau kontak fisik di kantor dengan sistem online," katanya.

Hal itu tidak hanya untuk mencegah penyebaran virus corona, namun juga mempercepat pelayanan dan mempermudah masyarakat. Seperti halnya pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) dimana sekarang mengedepankan online.

Baca juga: 10 Berita Terpopuler : Tren Kasus Covid-19 Sukoharjo Naik - Hujan Abu di Lereng Merapi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya