SOLOPOS.COM - Suasana jalan di Jendral Sudirman, Sukoharjo, terpantau normal, Selasa (27/12/2022). kepadatan arus balik lalu lintas diprediksi terjadi pada, Minggu (1/1/2023). (Solopos.com/Tiara Surya Madani).

Solopos.com, SUKOHARJO — Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo, Toni Sri Buntoro, memprediksi kepadatan arus balik libur Natal dan Tahun Baru 2023 atau Nataru bakal terjadi pada Minggu (1/1/2023).

“Puncak arus lalu lintas mudik tanggal 24 Desember, arus balik diperkirakan meningkat pada selasa 1 Desember 2023,” kata Toni saat dihubungi Solopos.com melalui WhatsApp, Selasa (27/12/2022).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Ia menjelaskan, arus lalu lintas kawasan Sukoharjo terpantau ramai lancar tahun ini karena tidak adanya libur panjang atau cuti bersama untuk pegawai.

“Arus ramai lancar, karena tidak ada hari libur panjang atau cuti bersama bagi pegawai,” lanjutnya.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukoharjo melakukan penghitungan terhadap mobilitas kendaraan di wilayah Sukoharjo sejak H-2 perayaan natal. Masyarakat dapat mengakses data tersebut secara rutin melalui akun Instagram @dishubsukoharjo.

Baca juga: Dishub Sukoharjo Tunggu Instruksi Pusat Soal Kebijakan Zero Odol

Situasi arus lalu lintas di kawasan Tugu Kartasura sempat mengalami peningkatan volume sebesar 37.349 kendaraan setelah perayaan Natal, Senin (26/12/2022).

Puncak kepadatan tersebut terjadi pukul 16.00 WIB- pukul 16.15 WIB. Dibandingkan dengan data sebelumnya, capaian tersebut mengalami peningkatan 25,67% yang hanya mencapai 35.446 kendaraan.

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com, jenis kendaraan yang melintas di Tugu Kartasura pada Senin lalu meliputi 63,34% sepeda motor, 30,65% mobil pribadi, 4,10% angkutan barang, dan 1,67% angkutan barang.

Sedangkan volume lalu lintas di kawasan Bulog, Bulakrejo pada Senin (26/12/2022) mencapai 37.349 kendaraan. Capaian tersebut mengalami peningkatan 2,03% dari arus lalu lintas normal, namun mengalami penurunan 0,94% dari arus lalu lintas hari sebelumnya.

Jenis kendaraan yang melintas di kawasan Bulog, Bulakrejo Senin lalu didominasi oleh 65,25% sepeda motor. Kemudian 29,71% mobil pribadi, 3,57% angkutan barang, dan 1,23% angkutan penumpang.

Baca juga: Aman Lur! Arus Balik Libur Natal di Sukoharjo Terpantau Lancar dan Normal

Diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo, Toni Sri Buntoro memprediksi bakal terjadi kenaikan volume kendaraan di Sukoharjo sebesar 10-15% saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 atau Nataru.

Kawasan Sukoharjo yang diprediksi bakal mengalami kemacetan adalah Tugu Kartasura karena menjadi jalur pemudik dari tiga kota yaitu Solo, Klaten, dan Jogja.

Terkait prediksi kepadatan arus lalu lintas yang akan terjadi pada arus balik mudik Nataru, ia mengimbau kepada masyarakat untuk memprioritaskan keselamatan dalam berlalu lintas.

“Untuk masyarakat yang mudik, saya harap memprioritaskan keselamatan berlalu lintas dengan mematuhi rambu lalu lintas, agar perjalanan menjadi aman, nyama, lancar, dan selamat,” lanjut dia.

Selain itu, Toni berharap masyarakat dapat menjaga stamina sebelum melakukan mudik. Ia beharap mereka tidak memaksakan diri melakukan perjalanan jauh saat tubuh kurang fit.

Baca juga: Volume Kendaraan Naik, Kartasura Jadi Lokasi Padat Lalu Lintas Akhir Pekan Lalu

Sementara, Polres Sukoharjo mendirikan tiga Pospam Nataru di tiga titik meliputi Simpang lima Proliman Sukoharjo, Bundaran Pandawa Solo Baru, dan Terminal Lama Kartasura.

Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan telah melaksanakan oengecekan Pos Pengamanan (Pospam) Nataru di wilayah Kabupaten Sukoharjo, Jumat (23/12/2022).

“Setiap pelaksanaan kegiatan, selalu ingatkan warga untuk mematuhi imbauan bersama terkait Nataru, sehingga pelaksanaan Nataru nantinya berjalan dengan aman, lancar, dan kondusif,” ungkapnya.

Kapolres berharap, dengan berdirinya Pospam Nataru ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat sehingga kamtibnas dapat dijaga.

Baca juga: Hari Ini, Tercatat Ada 33.330 Orang Berwisata di Yogyakarta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya