SOLOPOS.COM - Wali Kota Gibran Rakabuming Raka menyatakan akan menggelar open house pada hari pertama lebaran di Loji Gandrung. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka akan menggelar gelar griya atau open house di Loji Gandrung, Solo pada Hari Raya Idulfitri tahun 2023. Open house itu merupakan kali pertama yang bakal dilakukan Gibran menjadi Wali Kota Solo.

“Salat Id di sini [Balai Kota Solo] lalu open house di Loji Gandrung pukul 09.00 WIB. Siapapun boleh datang,” kata dia ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Jumat (14/3/2023) pagi.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Gibran menjelaskan open house itu bakal berlangsung sampai hidangan yang disiapkan habis. Tidak ada imbauan bagi warga yang ingin datang. Semua dipersilakan datang, namun Gibran ingin warga Solo menjadi prioritas.

“Kalau bisa yang di Solo saja atau yang mudik ke Solo. Mengko opor e cepet entek jam 10.00 WIB rampung kan ora lucu [Nanti opornya cepat habis pukul 10.00 WIB gelar griya selesai kan tidak lucu],” ujar dia.

Gibran mengatakan nanti membagikan fitrah apabila ada rezeki pada gelar griya Hari Raya Idulfitri tahun 2023. Gibran akan beristirahat setelah melakukan open house. Dia merahasiakan kegiatan bersama keluarganya waktu libur liburan.

“Aku ora setuju sebenarne nek liburan terlalu di depan gini,” ujarnya. Ditanya apakah Presiden Jokowi akan Lebaran di Kota Solo, Gibran mengatakan tidak tahu. Gibran juga tidak tahu apakah Ethes bakal ikut Presiden Jokowi waktu lebaran

Presiden Jokowi memberikan keleluasaan dan kesempatan bagi jajaran pemerintah untuk berkumpul bersama keluarga, teman, dan tetangga pada momen Lebaran 1444 Hijriah. Untuk itu, Presiden tidak akan menggelar gelar griya atau open house pada Hari Raya Idulfitri 2023.

“Kita sudah tiga tahun tidak buka puasa bersama, tidak open house. Saya memberikan keleluasaan untuk semuanya bisa berjumpa dengan keluarga, dengan sahabat-sahabatnya, bisa berjumpa dengan tetangga,” ujar Presiden melalui laman resmi Presiden.

Terpisah, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, menambahkan pada 2023 adalah Lebaran pertama tanpa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), setelah tiga tahun pandemi Covid-19.

“Oleh karena itu, sebagaimana disampaikan saat doorstop di hunian milenial, Bapak Presiden memberi kesempatan kepada seluruh jajaran pemerintah untuk berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga, sehingga Bapak Presiden tidak mengadakan open house,” ujar Bey.

Lebih jauh, Bey menyebut bahwa perangkat kepresidenan yang biasa melekat dalam kegiatan Presiden Jokowi pun diminta sangat terbatas ketika cuti Lebaran.

“Bahkan perangkat yang terkait kegiatan selama Lebaran dan cuti bersama, Bapak Presiden minta sangat terbatas,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya