SOLOPOS.COM - Pemkab Sragen akan mengadakan Salat Idulfitri di Alun-Alun Sasono Langen Putro pada Sabtu (22/4/2023). (sragenkab.go.id)

Solopos.com, SRAGEN–Satlantas Polres Sragen menyiapkan rekayasa lalu lintas dalam pelaksanaan Salat Idulfitri yang digelar oleh Pemkab Sragen di sekitar Alun-alun Sasono Langen Putro, Sabtu (22/4/2023) besok.

Hal tersebut berdasarkan unggahan dari akun Instagram @satlantaspolressragen, Jumat (21/4/2023).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Pengalihan arus lalu lintas tersebut dilakukan mulai pukul 04.00 WIB hingga selesai. Terdapat beberapa skema penutupan jalan, pertama kendaraan dari barat atau dari Solo, di simpang tiga Pungkruk, arus lalu lintas akan dialihkan ke ring road utara. Kemudian di simpang tiga Beloran, kendaraan juga dialihkan ke ring road utara. Sedangkan penutupan arus lalu lintas secara total mulai di simpang empat Pos Lantas Kota Sragen.

Sementara itu, kendaraan yang berasal dari timur atau Ngawi, di simpang empat Terminal Lama arus lalu lintas bakal ditutup ke selatan yaitu menuju ring road selatan. Kemudian di simpang tiga Ganesha di Jl. WR Supratman arus lalu lintas bakal ditutup untuk lokasi parkir roda dua. Kemudian di simpang tiga, Jl. Raya Sukowati arus lalu lintas bakal ditutup untuk lokasi pengunjung.

Satlantas juga mengimbau bagi masyarakat yang hendak melintas di Kota Sragen agar memanfaatkan jalan tol untuk menghindari kepadatan arus lalu lintas dalam kota karena kegiatan tersebut.

Salat Idulfitri tersebut bakal dihadiri oleh Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan Wakil Bupati Suroto. Bupati memperkirakan lokasi tersebut mampu menampung lebih dari 20.000 jemaah.

Hal ini diungkapkan Yuni, sapaan akrab Bupati, di pos pengamanan exit Tol Sragen, di simpang Pungkruk, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Sragen, pada Kamis (20/4/2023).

Imam Salat Idulfitri tersebut adalah K. Ali Muhson dan Khatib, Muh. Nursalim. Salat Idulfitri tersebut akan digelar mulai pukul 06.15 WIB. Yuni mengaku pihaknya telah mempersiapkan semua hal untuk kelancaran Salat Idulfitri besok.

“Saya kira lebih banyak [jemaah] karena volume kendaraan sudah banyak warga Sragen yang saudara sudah pada kembali. Kami persiapannya juga lebih daripada tahun lalu, sound system-nya, mudah-mudahan lancar sudah kami tes, gladi bersih, juga kualitas sound system bisa menjangkau,” terang Yuni.

Yuni memperkirakan kapasitas lokasi Salat Idulfitri yang telah dipersiapkan bisa menampung lebih dari 20.000 orang, karena lokasi yang dipersiapkan tidak hanya di kawasan alun-alun saja, namun juga memanfaatkan jalan raya.

Seperti diketahui, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengumumkan Lebaran 1 Syawal 1444 Hijriah dan pelaksanaan Salat Idulfitri 2023 dilaksanakan pada Sabtu (22/4/2023), berdasarkan sidang isbat pada Kamis (20/4/2023) petang.

“Tadi kami agak terlambat karena menunggu laporan dari Aceh,” kata dia, dalam konferensi pers seusai sidang isbat disiarkan langsung via Youtube resmi Kementerian Agama (Kemenag).

Menag kemudian menjelaskan Indonesia bersama-sama negara di ASEAN telah menyepakati kriteria MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura) untuk menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah.

“Berdasarkan pengamatan, hilal tidak memenuhi kriteria MABIMS yang baru. Tidak ada laporan [petugas pengamatan] yang melihat hilal. Sehingga secara mufakat, kami menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah pada Sabtu (22/4/2023),” beber Menag.

Ia meminta masyarakat menghargai perbedaan dan mengutamakan toleransi terhadap perbedaan yang ada, mengingat ada umat Islam lain yang telah lebih dahulu menjalankan Salat Idulfitri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya