SOLOPOS.COM - Calon exit tol Solo-Jogja di Ngawen, Klaten, saat pengoperasian secara fungsional pada Lebaran 2024 nanti. Foto diambil Senin (18/3/2024). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Rencana pengoperasian tol Solo-Jogja secara fungsional dari Kartasura sampai Ngawen, Klaten, pada masa arus mudik dan balik Lebaran 2024 terus bergulir. Kabar terbaru, tol fungsional akan dibuka pada 5-15 April 2024.

Terkait hal itu, pelaksana proyek kini tengah mengebut pekerjaan di jalur yang akan dibuka secara fungsional terutama dari Kartasura, Sukoharjo sampai Ngawen, Klaten.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Direktur Teknik PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ), Pristi Wahyono, mengatakan saat ini penyiapan jalur fungsional masih terus dilakukan.

“Saat ini teman-teman sedang berjibaku menyiapkan janji-janji yang kami sampaikan. Kami akan membuka jalur sebagai jalur Lebaran dari masuk Kartasura sampai Ngawen, Klaten,” kata Pristi saat ditemui wartawan di Pemkab Klaten, Kamis (21/3/2024) sore.

“Ini akan kami siapkan semaksimal mungkin supaya bisa dinikmati para pemudik atau siapa pun. Sekarang masih berjuang teman-teman meski waktu tinggal dua pekan. Tetapi di sana menyampaikan tetap optimistis,” tambahnya.

Pristri tak menampik informasi yang menyebut jalur tol fungsional yang dibuka saat Lebaran nanti lebih panjang dibandingkan saat Libur Nataru lalu. Bahkan ada kemungkinan lebih panjang dari yang direncanakan 22 km dari Kartasura sampai Ngawen, Klaten.

Pristi mengatakan ada usaha untuk menyiapkan hal itu. “Teman-teman sepertinya sedang berusaha lebih dari itu [lebih dari Ngawen], tetapi kami tidak bisa berjanji. Sudah bisa melayani kepentingan masyarakat saja kami sudah sangat bersyukur. Jadi kami tidak muluk-muluk,” jelas dia.

Mengenai kepastian waktu pembukaan jalur tol fungsional dari Kartasura-Ngawen, Klaten, pada Lebaran nanti, Pristi menjelaskan hal itu akan dirapatkan lebih lanjut yang melibatkan unsur Polri, Dishub, dan lain-lain.

Sementara itu, berdasarkan keterangan pers di laman jasamarga.com, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana, mengatakan sejumlah upaya dilakukan untuk meningkatkan pelayanan selama periode Lebaran 2024.

Hal itu terutama menyiapkan alternatif jalur fungsional dan akses jalan tol untuk lalu lintas di tol Solo-Jogja dan tol Jakarta-Cikampek II Selatan. “Jalur fungsional beroperasi pukul 06.00 WIB-17.00 WIB pada periode arus mudik [5-11 April 2024] dan periode arus balik [12-15 April 2024] serta dibuka hanya untuk kendaraan golongan 1 nonbus,” kata Lisye dalam keterangan pers tersebut.

Lisye mengatakan tol Solo-Jogja pada periode Lebaran 2024 terdapat penambahan panjang ruas fungsional yakni dari Colomadu hingga Ngawen sepanjang 22,3 kilometer (km).

Pada pembukaan jalur fungsional pada libur Nataru lalu, ruas yang dibuka dari Kartasura-Karanganom sepanjang 13 kilometer. Jalur fungsional Kartasura-Ngawen bakal tersambung ke jalan provinsi Jatinom-Boyolali kemudian ke jalan nasional Jogja-Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya