SOLOPOS.COM - Keramaian di area Solo Car Free Night. (Solopos-dok)

Solopos.com, SOLO — Agenda Car Free Night atau CFN akan kembali digelar untuk meramaikan perayaan malam Tahun Baru 2023 pada Sabtu (31/12/2022). Dinas Perhubungan (Dishub) Solo sudah menyiapkan manajemen rekayasa lalu lintas (MRLL) sekaligus kantong-kantong parkir kendaraan pengunjung CFN.

CFN nantinya digelar di sepanjang Jl Slamet Riyadi dari Bundaran Gladag sampai lampu merah Purwosari), kemudian Jl Jenderal Sudirman dari Bundaran Gladag sampai Balai Kota.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Terbaru, Jl Diponegoro dari Simpang Ngarsopuro sampai Simpang Mangkunegaran yang akan digunakan untuk night market Ngarsapura. Nantinya CFN akan dimulai pukul 21.00 WIB.

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo, menjelaskan teknis pelaksanaan CFN malam tahun baru nanti tidak akan jauh berbeda dengan Car Free Day (CFD) yang biasanya digelar pada Minggu pagi.

“CFN akan digelar 31 Desember pukul 21.00 WIB sampai 1 Januari 2023 pukul 01.00 WIB. Konsepnya sama seperti CFD dari Simpang Empat Purwosari sampai Bundaran Gladak, lalu ada Koridor Jensud,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (27/12/2022).

Baca Juga: Pesta Malam Tahun Baru di Solo: Gibran Bolehkan Kembang Api, Mercon Dilarang

Khusus Jl Jenderal Sudirman, CFN hanya di sisi barat median jalan dengan panggung hiburan di Balai Kota ataupun depan Gedung Bank Indonesia (BI). Sedangkan sisi timur tetap dibuka untuk lalu lintas kendaraan serta memudahkan parkir di Benteng Vastenburg.

Buka Tutup Jalan

Ari menambahkan Jl Diponegoro juga akan menjadi lokasi CFN malam tahun baru di Solo bertepatan dengan kembalinya Night Market Ngarsapura ke jalan tersebut setelah sekitar setengah tahun menempati Jl Bhayangkara.

“CFN juga akan digelar di Jl Diponegoro, ini juga menjadi Night Market pertama setelah koridor Gatsu-Ngarsapura diperbaiki,” terangnya. Ada sekitar 11 ruas jalan dan satu lokasi yang disediakan untuk kantong parkir kendaraan pengunjung CFN.

Baca Juga: Asyik! Night Market Kembali ke Ngarsapura Solo pada Malam Tahun Baru 2023

Ruas jalan tersebut yakni Jl Hasanudin, Jl dr Moewardi, Jl dr Sutomo, Jl dr Soepomo, Jl dr Cipto, Jl Bhayangkara. Kemudian Jl Museum, Jl Kartini, Jl Gatot Subroto, Jl Teuku Umar, dan Jl Imam Bonjol. Satu lagi kantong parkir di Benteng Vastenburg.

Apabila diperlukan, Dishub memberlakukan buka tutup jalan di beberapa lokasi. Akses kendaraan dari utara ke selatan atau sebaliknya yang hendak melewati tengah Kota Solo saat digelar CFN malam tahun baru akan dialihkan melalui Jl Kapten Mulyadi menuju Jl dr Radjiman.

Opsi lain adalah lewat Jl Hasanudin menuju Jl Ahmad Yani atau Jl Monginsidi. “Di Simpang Faroka nanti akan dilakukan buka tutup jalan jika arus kendaraan membeludak saat CFN,” tambah Ari Wibowo.

Baca Juga: Masih Dibahas, Pemkot Solo Pastikan Ada Atraksi di Car Free Night Tahun Baru

Sedangkan untuk informasi atraksi atau event, menurut Ari Wibowo, akan diumumkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo. “Mengenai acara atau event yang dilaksanakan saat CFN, nantinya akan diumumkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo nantinya,” urai Ari Wibowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya