SOLOPOS.COM - Angkuta menunggu penumpang di depan Pasar Kota Wonogiri, Kamis (22/3/2018). (Ichsan Kholif Rahman/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO — Maraknya bisnis transportasi berbasis dalam jaringan (daring) di Sukoharjo menyebabkan sejumlah angkutan kota (angkot) gulung tikar.  Kini, angkot beroperasi di jalanan Sukoharjo  hanya lima jalur trayek, dari sebelumnya 11 jalur.

Analis Kebijakan Bidang Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo, Eko Prih Hartanto, menyebutkan kelima jalur tersebut yakni  jalur I, III, IV, VII, dan Watukelir-Krisak, Wonogiri.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Itu pun hanya beberapa unit angkot yang masih bertahan beroperasi.  “Sekarang hanya ada lima jalur trayek angkot. Itu pun hanya beberapa unit angkot yang masih bertahan beroperasi. Sejak muncul pandemi Covid-19 banyak angkot tidak beroperasi lagi,” kata dia, saat berbincang dengan Solopos.com, Selasa (5/7/2022).

Angkot jalur III dengan jurusan Sukoharjo-Mojolaban-Palur menyisakan 10 unit. Saat ini, angkot jalur III hanya melayani penumpang di wilayah Mojolaban.

Sopir angkot enggan mengaspal sampai Sukoharjo lantaran sepinya penumpang. Setelah mendapat penumpang di Pasar Bekonang dan sekitarnya, sopir angkot langsung kembali ke Palur.

Baca juga: Angkot Sukoharjo Sepi: Dulu 11 Trayek, Sekarang Hanya 5 Trayek

Angkot jalur IV dengan jurusan Sukoharjo-Grogol-Tanjunganom pun demikian. “Beban operasional yang ditanggung awak angkot bakal bertambah. Jadi istilahnya mungkin hanya setengah trayek karena tak sampai Sukoharjo,” ujar dia.

Angkot jalur VII dengan jurusan Majasto dan Tawangsari hanya menyisakan satu unit. Sebelumnya, jumlah angkot jalur VII mencapai sekitar 20 unit.

Bahkan, trayek angkot jalur VII terancam ditutup lantaran hanya satu unit yang beroperasi. “Itu pun kadang beroperasi, kadang tidak. Lebih banyak tidak beroperasi mencari penumpang sejak pandemi hingga sekarang,” papar dia.

Tak hanya ruas jalan utama di wilayah perkotaan, ada beberapa jalur angkot yang dulu melayani penumpang hingga wilayah perdesaan. Bahkan, ada angkot yang siap mengantar penumpang dari kawasan Watukelir-Terminal Krisak, Wonogiri.

Baca juga: KRL Solo-Jogja Sampai Palur Mulai Juli 2022, Kapan Sampai Madiun?

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya