SOLOPOS.COM - Petugas Satlantas Polres Karanganyar melakukan ramp check bus di garasi Antar Jaya Jalan Solo-Tawangmangu, di Kelurahan Gayamdompo, Kabupaten Karanganyar, Senin (23/5/2022). (Istimewa/dok Satlantas Polres Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Satlantas Polres Karanganyar mengadakan inspeksi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan (ramp check) bus di garasi Antar Jaya di Kelurahan Gayamdompo, Kecamatan Karanganyar, Senin (23/5/2022). Kegiatan ini akan dilakukan sebulan sekali.

Ramp check kali ini menyasar delapan 14 unit bus di garasi tersebut. Kasi Humas Polres Karanganyar, AKP Agung Purwoko, mengatakan, pengecekan meliputi unsur administrasi yakni buku uji, kartu pengawasan izin operasional, SIM, dan STNK. Unsur teknis utama meliputi sistem penerangan, sistem pengereman, kondisi kaca depan, ban, dan sabuk keselamatan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Selain itu, diperiksa pula unsur teknis penunjang. “Kegiatan yang dilakukan Kanit Kamsel Satlantas Ipda Teguh Sarwono dan anggotanya ini juga mengecek unsur teknis penunjang seperti pengukur kecepatan, sistem penerangan, spion, wiper, klakson, kapasitas tempat duduk, perlengkapan kendaraan, dan perlengkapan tanggap darurat,” ujarnya.

Ia menambahkan ramp check angkutan umum oleh Satlantas Polres Karanganyar ini rencananya dilakukan minimal sebulan sekali. “Harapkannya kendaraan umum bisa lebih terkontrol kelayakan teknis utamanya dan ketertiban administrasinya. Kegiatan seperti ini juga diharapkan bisa mencegah kecelakaan menonjol di jalan raya,” ujarnya.

Baca Juga: Sudah 2.233 Motor Ditindak Polres Karanganyar, Masih Ada Knalpot Brong?

Seperti diketahui, beberapa waktu terakhir ini terjadi sejumlah kecelakaan jalan raya di berbagai daerah yang melibatkan kendaraan umum (bus). Di wilayah Karanganyar kecelakaan bus menimpa rombongan siswa sekolah asal Malang, Jawa Timur, di jalan tol wilayah Kebakkramat, beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya