SOLOPOS.COM - Aspal berlubang di salah satu ruas Jalan Lingkar Kota (JLK) Wonogiri, Rabu (6/4/2022). JLK berpotensi difungsikan menguarai kemacetan saat berlangsung arus mudik mendatang. (Solopos/Luthfi Shobri Marzuqi)

Solopos.com, WONOGIRI — Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri menyiapkan jalur alternatif mudik Lebaran 1443 H/2022 M. Pengoptimalan jalur alternatif ditujukan mengurai kepadatan arus lalu lintas saat mudik Lebaran mendatang.

Kepala Dishub Wonogiri, Waluyo, mengatakan skenario jalur alternatif di beberapa lokasi yang rawan kemacetan sudah dibuat. Jalur tersebut bersifat kondisional. Bisa dibuka atau pun ditutup sesuai dengan kepadatan kendaraan pemudik.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Jalur lingkar kota nanti kami manfaatkan. Kami akan bekerja sama dengan polisi lalu lintas Wonogiri. Selain itu kami juga sudah berkoordinasi dengan camat-camat di kecamatan yang berpotensi terjadi kemampatan jalan [akibat arus mudik],” kata Waluyo saat dihubungi Solopos.com via telepon WhatsApp, Minggu (24/4/2022).

Waluyo mengatakan Dishub Wonogiri akan memasang rambu-rambu penunjuk arah portable. Hal itu agar memudahkan para pemudik yang menggunakan jalur alternatif. Dia juga mengimbau agar para pemudik tetap waspada dan hati-hati ketika melewati jalur alternatif.

Baca Juga: Diuji Coba, JLK Wonogiri Butuh Rambu-Rambu Lalu Lintas

“Rambu-rambu akan dipasang di berbagai lokasi krusial, seperti di tikungan-tikungan. Para pemudik harus hati-hati betul apabila melewati jalur alternatif. Perhatikan kiri-kanan karena akan melewati gunung-gunung. Utamakan kehati-hatian,” tegasnya.

Jalur alternatif itu, kata Waluyo, juga untuk mengantisipasi kemacetan saat ada pasar tumpah jelang Lebaran. Terutama pasar tumpah di Ngadirojo, Slogohimo, dan Purwantoro.

Objek Wisata

Jalur di area Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur (OW WGM) akan mendapat perhatian khusus. Sebab di sana diprediksi mengalami kebanjiran pengunjung pemudik sehingga berpotensi menimbulkan kemacetan. Pengamanan gabungan yang terdiri dari kepolisian, Satpol PP, dan Dishub akan disiapkan di obyek wisata kebanggan masyarakat Wonogiri itu.

Baca Juga: Wajib Tahu Camilan Khas Wonogiri saat Momentum Lebaran, Apa Saja?

“Tapi kami berpikir positif. OW WGM sudah dibangun lokasi parkir yang luas. Daya volume parkir juga lebih luas. Paling tidak, bisa mengurangi parkir di bahu jalan. Harapan kami malah semua [kendaraan pengunjung] bisa masuk area dalam wisata. Sehingga tidak menganggu arus lalu lintas,” kata waluyo.

Kepala Bidang Bina Marga DPU Wonogiri, Didik Sudarmaji, mengatakan beberapa jalan di Wonogiri masih dilakukan perbaikan. Salah satunya jalan di Giribelah arah Pacitan dan arah Paranggupito. Selanjutnya, jalan di Pracimantoro akan digarap mulai Senin, (25/4/2022).

“Perbaikan direncanakan selesai pada Rabu (27/4/2022). Setelah itu kami setop semuanya,” kata Didik.

Baca Juga: Berpotensi Longsor Lagi, Pengendara Diminta Hati-Hati Melintasi JLK Wonogiri

Menurut Didik, jalan-jalan kota sudah diperbaiki sebelum Ramadan. Kondisi jalan di daerah lain masih lumayan bagus. Hal itu seperti jalan di Jatrisrono arah Jatipurno, Girimarto arah Slogohimo yang sudah relatif masih aman untuk dilalui karena sudah diperbaiki beberapa waktu lalu.

“Kondisi jalan di jalur alternatif kondisinya masih aman. Sudah kami perbaiki 2021 lalu” ungkap Didik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya