SOLOPOS.COM - Pengunjung bermain di taman bunga sembari menikmati pemandangan di Embung Pengantin Sukoharjo. (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Solopos.com, SUKOHARJO – Selain tak sabar mencari pahala sebanyak-banyaknya, ngabuburit juga merupakan salah satu tradisi yang sering dilakukan banyak orang di Bulan Suci Ramadhan. Ngabuburit adalah istilah tidak baku untuk menghabiskan waktu menunggu berbuka puasa.

Sebagian orang memang memilih untuk berdiam diri di rumah sambil bermain gadget atau tiduran menunggu azan Magrib berkumandang. Namun tak sedikit pula yang lebih suka mengisi ngabuburit dengan aktivitas di luar yang seru. Mulai dari kegiatan menguras energi hingga bersantai.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Jika ada berada di Sukohajo, beberapa tempat ini bisa jadi alternatif lokasi yang menarik untuk ngabuburit:

  1. Ronce Stable

wisata berkuda sukoharjo
Wisatawan mencoba berkuda di Ronce Stable. (Instagram.com/roncestable_alaska)

Jika Anda ingin menghabiskan waktu dengan kegiatan beradrenalin, objek wisata ini sangat cocok bagi Anda. Ronce Stable menawarkan pengalaman menunggangi kuda pacuan dan edukasi mengenai peternakan kambing.

Anda akan menikmati sensasi kebersamaan dengan kuda dengan pilihan paket Rp25.000 berkeliling desa kecil sekitar 10 menit dan paket Rp150.000 keliling alas karet sekitar 40-50 menit. Anda juga dapat belajar berkuda secara privat dengan mengeluarkan kocek Rp130.000 untuk member dan Rp150.000 untuk pengunjung non-member.

Ronce Stable terletak di Dukuh Ngluwar RT 001/009, Kelurahan Tepisari, Kecamatan Polokarto, Sukoharjo. Anda dapat mengunjungi di sore hari karena buka dari 08.00-16.30 WIB pada weekdays dan 07.00-16.30 pada weekend. Jaraknya hanya sekitar 3,2 km dari Kantor Kepala Desa Tepisari.

  1. Gunung Sepikul

Pengunjung berfoto bersama dengan latar belakang bebatuan pegunungan di Gunung Sepikul, Bulu, Sukoharjo
Pengunjung berfoto bersama dengan latar belakang bebatuan pegunungan di Gunung Sepikul, Bulu, Sukoharjo, Minggu (6/6/2021). (Solopos-R. Bony Eko Wicaksono)

Terlihat menjulang tinggi, sebenarnya ketinggiannya hanya 350 meter di atas permukaan laut (mdpl) atau sekitar 15-20 menit untuk menuju puncak. Tempat ini sangat cocok jika Anda pergi bersama sahabat, pacar, maupun saudara pecinta tracking untuk quality time sembari ngabuburit.

Anda dapat memanjakan mata dengan melihat matahari tenggelam di destinasi wisata yang terletak di Gunung Lor, Desa Tiyaran, Kecamatan Bulu, Sukoharjo ini. Anda akan terpukau dengan keindahan panorama alamnya ketika sampai di puncak. Jaraknya sekitar 5 menit atau 2.9 km saja dari Pasar Bulu.

  1. Waduk Mulur

Waduk mulur sukoharjo
Warga menikmati suasana sore di Waduk Mulur Bendosari, Sukoharjo pada Rabu (14/6/2023). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri)

Jika Anda ingin duduk bersantai sambil melihat tenangnya air, waduk mulur adalah yang paling cocok untuk Anda pilih sebagai tempat ngabuburit. Anda bisa menghabiskan waktu bersama partner Anda untuk deeptalk bersama atau memancing ikan di sini,

Waduk ini terletak di Desa Mulur, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo tepatnya sekitar 850 m atau 3 menit dari Kantor Desa Mulur. Di waduk ini juga ada makam yang dikeramatkan yaitu makam Mbah Sayidiman, seorang pengikut Pangeran Diponegoro yang dulunya ikut berperang melawan Belanda.

  1. Embung Pengantin Wirun

Embung Pengantin Sukoharjo
Objek Wisata Embung Pengantin di Wirun, Mojolaban, Sukoharjo, Rabu (4/5/2022). (Magdalena Naviriana Putri)

Destinasi wisata ini bisa Anda datangi bersama keluarga tersayang dengan pemandangan telaga yang sejuk dan penuh dengan bunga. Bagi Anda pecinta foto, di sini banyak spot menarik yang disediakan salah satunya jembatan bambu. Harga tiket masuk hanya Rp5.000 loh, cukup terjangkau bukan?

Jika anda tidak ingin duduk-duduk saja, Embung Pengantin Wirun juga menawarkan wahana air yaitu menaiki kapal motor cukup dengan membayar Rp5.000 untuk dua kali putaran atau menggunakan bebek-bebekan Rp10.000 setiap 10 menit. Lokasinya berada di Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo berjarak 1 km dari Tugu Bendo Bekonang atau sekitar 2 menit saja.

  1. Alun-Alun Sukoharjo

Ingin bersantai gratis di taman kota yang hijau dan rindang? Tempat ini adalah jawabannya. Di sini Anda dapat menikmati suasana ruang publik yang ramai dengan beragam kegiatan untuk mengisi waktu sembari menunggu azan magrib berkumandang.

Anda bisa menikmati suasana dengan berjalan-jalan sambil berburu takjil untuk berbuka puasa yang akan berjejer setiap sorenya dengan pilihan berbagai jenis makanan. Alun-alun Sukoharjo atau Alun-Alun Satya Negara Sukoharjo ini terletak di Desa Jetis, Kecamatan Sukoharjo, Sukoharjo. Jaraknya hanya sekitar 1,3 km dari pusat kota Sukoharjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya