SOLOPOS.COM - Driver layanan kurir daring asli Boyolali, Deliboy, di area Kecamatan Boyolali, Kamis (20/7/2023). (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Mengklaim sebagai layanan on demand service pertama di Boyolali, Deliboy atau Delivery Boyolali menyediakan layanan yang cukup lengkap mulai dari pengantaran barang atau kurir, pesan makanan, shopping atau belanja barang kebutuhan sehari-hari di minimarket dan lain-lain.

Cara order layanannya pun cukup mudah, tanpa harus meng-install aplikasi di handphone. Layanan Deliboy bisa diakses di website deliboy.id. Calon pengguna tinggal memilih layanan sesuai kebutuhan.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Tersedia layanan Delikurir, Delifood, Delibelanja, dan Custom. Layanan Custom disediakan untuk kebutuhan di luar tiga layanan yang disebutkan sebelumnya. Mengenai tarif, untuk Delikurir atau ambil dan antar barang ditetapkan tarif dasar 4 km pertama Rp12.000 dan selebihnya tinggal ditambah Rp2.200/km.

Calon pengguna layanan Deliboy di Boyolali tinggal mengisi kolom di website deliboy.id dengan nama, nomor Whatsapp, alamat pengambilan barang dan alamat pengantaran barang.

Delifood ditetapkan tarif dasar 4 kilometer pertama dalam Kecamatan Boyolali Rp10.000. Saat ini sudah ada 23 merchant atau restoran dan warung makan yang telah bermitra dengan Deliboy. Namun demikian, layanan Deliboy tidak terbatas pada restoran atau warung makan yang sudah menjadi mitra.

Jika ada pengguna yang menginginkan pesan makanan di restoran atau warung makan yang belum bekerja sama pun, Deliboy tetap melayani. Pelanggan tinggal pesan via website dan nantinya diarahkan langsung ke nomor mitra yang bersangkutan.

“Bahkan ada yang tiap pagi itu beli cilok juga kami belikan. Kan banyak juga pedagang kaki lima yang belum terdaftar di layanan kurir baik di ojol-ojol besar. Kami wadahi itu,” ujar pendiri layanan Deliboy di Boyolali, Suyanto, saat diwawancarai Solopos.com, Kamis (20/7/2023).

Suyanto mengatakan dengan 23 mitra driver, rata-rata per hari Deliboy menerima 150-an order via website deliboy.id. Dari jumlah itu, order paling banyak yaitu pada layanan Delifood.

Dari segi pembagian hasil dengan mitra driver, sistem yang diterapkan Deliboy dinilai lebih menguntungkan bagi driver dibandingkan jika menjadi driver ojol mitra perusahaan ojek daring besar.

Per transaksi, berapa pun nilai yang didapat, mitra driver hanya akan dipotong Rp1.250 per transaksi. Sisanya menjadi hak mitra driver.

“Kalau di Deliboy, mau seberapa pun transaksinya itu hanya dipotong Rp1.250 per transaksi. Saya pernah dapat pesanan long trip untuk ambil kain ke Solo, biayanya sekitar Rp70.000-Rp80.000, dari situ juga hanya dipotong Rp1.250. Di ojol yang lain kan potongannya 80 persen,” kata salah satu mitra driver Deliboy, Hery Ibnu Sutopo, saat berbincang dengan Solopos.com, Kamis.

Mantan driver ojek online di Solo itu mengaku pernah mendapatkan penghasilan sampai Rp300.000 dalam sehari karena mendapat pesanan long trip.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya