SOLOPOS.COM - Informasi terkait rekayasa lalu lintas dan penyediaan kantong parkir untuk penonton konser grup band Noah di Alun-Alun Giri Krida Bakti, Wonogiri, Rabu (17/5/2023) malam. (Instagram @polres_wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI — Penonton konser grup band Noah dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-282 Wonogiri di Alun-Alun Giri Krida Bakti, Rabu (17/5/2023), diperkirakan akan dihadiri ribuan penonton.

Apalagi, konser tersebut bisa ditonton secara gratis alias tidak ada tiket masuk. Untuk itu berbagai persiapan telah dilakukan naik dari sisi keamanan maupun pengaturan lalu lintas di sekitar lokasi.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Begitu juga dengan kantong-kantong parkir juga sudah disiapkan. Kasi Humas Polres Wonogiri, AKP Anom Prabowo, menjelaskan penonton yang datang ke konser Band Noah dengan mengendarai kendaraan bermotor bisa memarkirkan kendaraannya di kantong parkir yang tersedia.

Ada empat kantong parkir, yaitu di Jl dr Cipto dan Jl Pelem belakang Rumah Dinas Bupati Wonogiri. Kemudian jalan antara Kantor DPRD Wonogiri dengan Kantor Kemenag Wonogiri sampai SMAN 1 Wonogiri.

Bisa juga kendaraan parkir di Lingkungan Salak atau sekitar SDN 1 Wonogiri dan jalan di gang-gang sekitar SDN 6 Wonogiri. “Polres Wonogiri bakal menerjunkan sekitar 370 personel untuk pengamanan konser Noah nanti,” kata Anom saat diwawancarai Solopos.com, Selasa (16/5/2023).

Aparat Polres Wonogiri juga akan melakukan pemeriksaan penonton konser Band Noah di tiga lokasi sebelum memasuki area konser. Tiga lokasi itu yakni di jalan depan Kantor BRI Wonogiri, jalan sisi selatan Kantor Kemenag Wonogiri, dan jalan depan Kantor Kecamatan Wonogiri.

Penonton dilarang membawa atribut perguruan atau organisasi tertentu, senjata tajam, dan minuman keras. Sebagai informasi, konser Noah bisa disaksikan gratis untuk umum.

Selain sebagai peringatan HUT ke-282 Wonogiri, konser ini sebagai sarana sosialisasi penggunaan barang kena cukai. Acara dimulai pukul 19.00 WIB. Namun begitu, sejumlah ruas jalan di sekitar Alun-alun bakal ditutup mulai pukul 16.0o WIB atau tiga jam sebelumnya.

Pengalihan Arus Lalu Lintas

Hal itu untuk dilakukan untuk memastikan arus lalu lintas tetap berjalan lancar selama konser. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri, Waluyo, mengatakan sudah menyiapkan rekayasa arus lalu lintas selama penutupan jalan di sekitar area konser. 

Satu hal yang jelas, Waluyo memastikan pengalihan arus tidak sampai menutup jalan utama dari arah Sukoharjo, Ponorogo, maupun Pracimantoro. Kendaraan umum masih bisa melintas di jalan-jalan protokol Wonogiri. 

Kendaraan dari arah Ponorogo menuju Pracimantoro dan Sukoharjo harus melalui jalan dekat SMAN 1 Wonogiri hingga perempatan Gudang Seng. Dari perempatan tersebut, kendaraan yang akan menuju ke Sukoharjo berbelok kanan lewat jalan depan Pasar Kota Wonogiri.

Sementara kendaraan yang menuju Pracimantoro berbelok kiri atau arah Waduk Gajah Mungkur. Sedangkan kendaraan dari arah Sukoharjo menuju arah Ponorogo diarahkan melalui pertigaan Klampisan kemudian lurus menuju Alas Kethu hingga jalan depan Kantor Pertanahan Wonogiri, berbelok kiri. 

“Jalan depan Pendapa Rumah Dinas Bupati tidak bisa dilalui kendaraan. Jalan di Perempatan Ponten yang mengarah ke bundaran Soekarno juga ditutup,” ujar dia.

Dia melanjutkan petugas Dishub akan berjaga di ruas-ruas jalan yang dilakukan rekayasa arus lalu lintas. Personel Dishub akan bergabung dengan kepolisian, TNI, dan Satpol PP di bawah koordinasi Polres Wonogiri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya