SOLOPOS.COM - Kendaraan melintasi Jl Dr Radjiman kawasan Coyudan, Solo, yang bergelombang parah, Senin (29/8/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengaku sudah melintasi Jalan Dr Radjiman kawasan Coyudan yang sebelumnya dikeluhkan warga karena bergelombang parah dan membuat pengendara motor serasa naik kuda.

Namun, Gibran mengaku tidak melintasi jalan itu naik sepeda motor Honda Supra 125 f1 seperti yang ia sampaikan melalui akun Twitternya, @gibran_tweet, Senin (29/8/2022). Ia melewati jalan itu menggunakan mobil.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Informasi tersebut disampaikan Gibran saat diwawancarai wartawan di Gedung DPRD Solo, Selasa (30/8/2022) siang. “Lewat tok ah. Ora [tidak naik motor Supra]. Ngapa ta kok dibahas terus? Intine kan dalane diperbaiki toh,” ungkapnya disambut tawa wartawan.

Gibran menjelaskan perbaikan ruas Jalan Dr Radjiman terutama ruas Coyudan, Solo, sudah masuk agenda. Menurutnya, kerusakan jalan itu bukan karena aspal jalan mengelupas, tapi karena aspalnya mleyot.

“Uwis dianu kok, sudah dimasukkan anggaran. Uwis karo Pak Nur Basuki [DPUPR]. Dibenahi [tahun ini] mleyot soale [aspal jalan],” terangnya. Gibran menegaskan perbaikan ruas Jl Dr Radjiman dari Simpang Pasar Klewer hingga Simpang Empat Singosaren menjadi prioritas Pemkot Solo.

Baca Juga: Parah! Gronjalan di Jalan Coyudan Solo Bikin Naik Motor Serasa Naik Kuda

Apalagi ruas Jl Gatot Subroto (Gatsu) juga akan diperbaiki dalam waktu dekat oleh Dinas PUPR Solo. Ihwal penyebab kerusakan jalan, ia tak menyebut secara pasti. “Ya intinya memang rusak kok, nanti diperbaiki. Kan itu prioritas karena Gatot Subroto ya meh dibenake, itu prioritas ya. Uwis, uwis dimasuke ke Dinas PUPR Solo,” imbuhnya.

Gibran menjelaskan ada sejumlah ruas jalan lain yang juga akan diperbaiki. “Nanti ada beberapa paket, akeh kok. Di Dinas Perkim [Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan] juga banyak. Banyak yang koridor-koridor diperbaiki, tenang wae,” ujarnya.

Beban Kendaraan

Ditanya apakah aspal bergelombang di Jalan Dr Radjiman kawasan Coyudan, Solo, dikarenakan tidak kuat menahan beban kendaraan, Gibran tidak memungkirinya. Dengan perbaikan yang segera dilakukan, ia berharap pengguna jalan tak lagi merasa tak nyaman.

Baca Juga: Banyak Pengepul Emas di Coyudan Solo, Ternyata Begini Cara Kerjanya

Sebelumnya warganet dibuat terkekeh dengan cuitan Gibran yang merespons aduan Jamet dengan akun @jamet1410 pada Minggu (28/8/2022). Dia mengadukan kerusakan jalan Simpang Pasar Klewer hingga Simpang Empat Singsosaren.

Saat itu Gibran mengungkapkan ruas jalan dimaksud masih dalam kondisi baik kali terakhir dirinya melintas. Menanggapi cuitan Gibran, Gasing @sing_gasing menyarankan Wali Kota Solo melintas menggunakan sepeda motor Honda Supra.

Dia beralasan vibes kerusakan jalan akan lebih terasa bila mengendarai sepeda motor. Tidak disangka, Gibran menyanggupinya. “Baik mbak. Akan saya coba lewat perempatan lion fired blood dengan menggunakan supra x 125 fi,” cuitnya.

Baca Juga: Jalan dr Radjiman, Poros Merapi, Saksi Boyongan Keraton Kartasura

Di sisi lain, Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga DPUPR Solo, Joko Supriyanto, mengatakan kontur tanah di lajur sebelah kiri (selatan) jalan di kawasan Coyudan memang bergelombang. Joko juga telah berulang kali menerima aduan dan laporan dari masyarakat terkait kondisi jalan tersebut.

Lebih jauh, Joko menyampaikan perbaikan ruas Jl Dr Radjiman dari Pasar Klewer hingga simpang Singosaren itu telah disetujui dalam pembahasan APBD Perubahan 2022. “Sudah dianggarkan dalam APBD-P 2022. Jika berkas dokumen administrasi telah lengkap, langsung bisa dilelangkan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya