SOLOPOS.COM - Masjid Nur Azizah yang berada di kompleks Pemkab Klaten mulai dibuka untuk kegiatan peribadahan sejak Januari 2022. (Istimewa/Diskominfo Klaten)

Solopos.com, KLATEN — Takmir Masjid Nur Azizah yang berada di kompleks Pemkab Klaten menggelar ceramah bakda Salat Zuhur di masjid setempat selama Ramadan. Sebanyak 21 dai dari kalangan ASN disiapkan untuk mengisi ceramah bakda Salat Zuhur.

Ketua Pengurus Takmir Masjid Nur Azizah, Amin Mustofa, menjelaskan ceramah setelah Salat Zuhur iti bukan saja memakmurkan masjid tetapi meningkatkan keimanan dan ketakwaan para ASN, terutama di saat menjalankan ibadah puasa.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Takmir masjid sudah menyusun jadwal. Ceramah bakda Zuhur itu bisa diikuti setiap Senin sampai Kamis selama Ramadan. Ada 21 ASN yang ditugaskan mengisi ceramah. Ada unsur pejabat eselon II sampai pegawai pelaksana. Tema ceramah bisa terkait keutamaan bulan Ramadan atau amalan. Tapi yang terpenting, temanya memperkuat ukhuwah dan persatuan sebagai sesama anak bangsa. Dai dari kader ASN ini diharapkan bisa menjadi bekal terjun ceramah di masyarakat sekaligus perekat umat,” jelas Amin berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Solopos.com.

Amin menjelaskan Masjid Nur Azizah mulai dibuka pada awal 2022. Sejak dibuka, masjid tersebut sudah bisa digunakan untuk Salat Jumat serta salat fardu berjemaah. Takmir juga menggelar beberapa kegiatan rutin di masjid tersebut.

“Selain kajian tadarusan tiap Kamis pagi secara zoom meeting, dari takmir masjid juga ada kegiatan hadrah dari kalangan ASN Klaten. Selanjutnya untuk fasilitas masjid, kami masih berbenah,” terang Amin yang juga Kepala Diskominfo Klaten.

Pengurus Bidang Idarah Masjid Nur Azizah, Joko Priyono, mengatakan kegiatan ceramah bakda Salat Zuhur sudah digelar sejak Senin (27/3/2023) lalu. Kegiatan ceramah bakda Salat Zuhur tersebut digelar setiap hari kerja hingga sebelum cuti Lebaran.

“Para dai dari kalangan pejabat Pemkab eselon II sampai staf pelaksana. Selain menyemarakkan Ramadan dan siar Islam, kegiatan ini sekaligus melatih mental ASN Klaten saat ceramah di tengah masyarakat. Tema ceramah mulai dari amaliah, keutamaan Ramadan, dan lain-lain. Prinsipnya tema untuk mempererat keutuhan bangsa,” kata Joko saat dihubungi Solopos.com, Jumat (31/3/2023).

Masjid Nur Azizah kompleks Sekretariat Daerah (Setda) Klaten diresmikan Bupati Klaten, Sri Mulyani, pada 21 Januari 2022. Masjid itu memiliki luas 600 meter persegi dan berada di antara kompleks Setda Klaten dengan DPRD Klaten. Masjid berbentuk joglo dengan ornamen ukir kayu jati itu mampu menampung jamaah 400 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya