SOLOPOS.COM - Mangkunegoro X selama setahun bertakhta di Pura Mangkunegaran. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO– Mangkunagoro X menyebut ada banyak dukungan dari berbagai pihak selama memimpin Pura Mangkunegaran satu tahun terakhir. Hal ini membuatnya semakin senang menjadi pemimpin Pura Mangkunegaran.

Mangkunagoro X mengatakan perbedaan perannya sebelum dan sesudah naik tahta menjadi Mangkunagoro pada sisi tanggung jawab yang semakin besar.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Saya menjalankan ini ada adaptasi awal-awal, namun semakin ke sini semakin menyenangkan berkat dukungan keluarga, kerabat, pemerintah, media. Apa yang kami capai tak terlepas dari kalian semua serta abdi dalem,” kata dia kepada wartawan ditemui di Pura Mangkunegaran, Solo, Kamis (23/2/2023).

Dia mengatakan masih ada target yang belum tercapai untuk mengembangkan perpusatakaan serta museum Pura Mangkunegaran. Mangkunagoro X ingin berfokus mengembangan perpustakaan museum.

“Kami kembangkan karena perpustakaan sumber pengetahuan bukan hanya untuk kami atau Pura Mamgkunegaran tapi untuk masyarakat. Ajaran-ajaran nilai luhur serta sejarah menjadi aset luar biasa. Begitu pula musuem,” ungkapnya.

Masyarakat maupun wisatawan, menurut Mangkunagoro X, sebenarnya tidak hanya sekadar bisa melihat serta menikmati bangunan Pura Mangkunegaran namun belajar lebih jauh di perpustakaan dan museum Pura Mangkunegaran.

Adapun Mangkunagoro X telah melakukan sejumlah pekerjaan dalam mengenalkan dan melestarikan budaya Jawa khususnya Pura Mangkunegaran dengan berkunjung ke sejumlah negara tahun lalu. Misi kebudayaan itu bakal dilanjutkan tahun ini.

“Targetnya tidak hanya ke sana [ke luar negeri], namun ada yang ke sini juga [kunjungan ke luar negeri dapat menarik wisatawan mancanegara berkunjung ke Pura Mangkunegaran]” ujarnya.

Dia mengatakan ada rencana mengunjungi Jepang dalam waktu dekat. Selain misi mengenalkan budaya Pura Mangkunegaran, ada upaya membangun kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi dan akademisi di Jepang. 

Adapun Pura Mangkunegaran mengadakan upacara Tingalan Wiyosan Jumenengan Sampeyan Dalem Ingkang Jumeneng KGPAA Mangkunagoro X yang Pertama, Rabu (1/3/2023) pukul 09.30 WIB.

Gusti Pangeran Haryo Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo bertakhta sebagai Adipati Mangkunagoro sejak 12 Maret 2022 lalu. Bhre dinobatkan sebagai Pengageng Pura Mangkunegaran Solo dengan gelar Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (K.G.P.A.A.) Mangkunagoro X.

Bhre mengungkapkan berani mengesampingkan keinginannya untuk melanjutkan studi magister di luar negeri. Lulusan sarjana hukum Universitas Indonesia (UI) itu sempat diterima di program magister hukum di Negeri Kincir Angin dan Amerika. 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya