SOLOPOS.COM - Suasana talkshow dalam Festival Literasi di SMAN 1 Andong, Boyolali, Selasa (31/10/2023). (Istimewa).

Solopos.com, BOYOLALI — Ada banyak cerita kebinekaan atau keberagaman yang bisa menjadi inspirasi tulisan. Tema itu juga dekat dengan kehidupan anak muda. Hal itu mengemuka dalam talkshow Literasi dalam Kebinekaan untuk kemajuan Bangsa di SMAN 1 Andong, Boyolali, Selasa (31/10/2023).

Salah satu siswa, Salma, di depan teman-temannya bercerita memiliki kawan yang berbeda agama. Salma yang muslimah memiliki teman akrab alias bestie yang bukan muslim. Tetapi teman Salma malah sering mengingatkannya untuk salat saat azan berkumandang. Keduanya saling menghormati walau memiliki keyakinan berbeda. Topik toleransi itu, kata Salma, menarik jika dijadikan bahan tulisan.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Salma menceritakan hal itu dalam talkshow dengan narasumber pegiat literasi Ary Yulistiana; sastraswan Yuditeha, dan Redaktur Pelaksana Solopos Syifaul Arifin. Baik Ary, Yuditeha, maupun Syifaul mengajak siswa dan guru untuk berkreasi, berkarya, membuat cerpen, novel, puisi, maupun tulisan lain.

Talkshow itu merupakan bagian dari Festival Literasi dalam rangka apresiasi karya peserta didik pada kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan menyemarakkan Bulan Bahasa di SMAN 1 Andong. Kepala SMAN 1 Andong, Giyato, menuturkan acara tersebut diikuti lebih kurang seribu siswa sekolah itu dan siswa SMP sekitar sebagai tamu undangan. Acara itu dihadiri Camat Andong Edy Kristiawan, wakil dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 5 Jawa Tengah, Kapolsek Andong, Danramil Andong, serta para mantan kepala SMAN 1 Andong.

Rangkaian acara meliputi pemotongan tumpeng, unjuk karya siswa. Dalam festival tersebut terdapat stan pameran karya P5 di antaranya stan Suara Demokrasi yang berisi simulasi pemilu, stan Kearifan Lokal, stan Bhinneka Tunggal Ika, dan stan Bangunlah Jiwa dan Raganya. “Festival literasi yang kami barengkan dengan HUT ke-29 SMAN 1 Andong ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat membaca dan menulis, serta menguatkan profil pelajar Pancasila siswa SMAN 1 Andong,” ujar Giyato.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya