SOLOPOS.COM - Aktivitas masyarakat di Solo Car Free Day (CFD) Juanda, Pucangsawit, Jebres, Solo, Minggu (8/1/2023). (Solopos.com/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLO–Car Free Day (CFD) di Jalan Juanda, Kecamatan Jebres, Solo kembali digelar setelah dihentikan selama lebih dari dua tahun akibat pandemi Covid-19.

Ajang CFD itu didorong menjadi ruang ekspresi beragam potensi seni dan budaya serta mampu menggerakkan perekonomian masyarakat setempat.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Pantauan Solopos.com, Minggu (8/1/2022), lokasi CFD Jalan Juanda mulai dari simpang tiga Stasiun Pengisian bahan bakar Umum (SPBU) Pucangsawit hingga sebelah timur Pasar Pucangsawit, tepatnya di depan Serenity Spa.

Ratusan lapak pedagang kaki lima (PKL) menumpuk di sekitar simpang tiga SPBU Pucangsawit. Sedangkan, di sekitar Pasar Pucangsawit terlihat sepi pedagang. Hanya beberapa pedagang kuliner yang menjajakan dagangan di pinggir jalan-jalan perkampungan.

Acara seremoni relaunching CFD Jalan Juanda dihadiri oleh Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Taufiq Muhammad, dan sejumlah stakeholder, serta tokoh masyarakat di Kelurahan Pucangsawit.

“CFD di Jalan Juanda ini ditiadakan selama masa pandemi Covid-19. Nah, sekarang digelar lagi dengan maksud memfasilitasi potensi-potensi dan kreativitas masyarakat di sekitar lokasi CFD,” kata Wawali Solo, Teguh Prakosa, Minggu.

Selain itu, ajang CFD di Jalan Juanda didorong menjadi bagian dari percepatan pemulihan ekonomi daerah. Para pedagang bisa berjualan di lokasi CFD mulai pukul 06.00 WIB-09.00 WIB. Masyarakat setempat juga dipersilakan menggelar barang dagangan di trotoar jalan.

Sehingga, keterlibatan  masyarakat dan paguyuban PKL untuk meramaikan CFD di Jalan Juanda. “Jalan ini sudah baik, penerangan lampu jalan juga bagus. Mari kita manfaatkan benar-benar. Jadi ada tiga manfaat digelarnya CFD di jalan Juanda, sehat jasmasni, ekonomi bergeliat dan semangat gotong royong makin kuat. Ini yang penting, masyarakat bisa bersilaturahmi di lokasi CFD,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Dishub Solo, Taufiq Muhammad, menyampaikan lokasi CFD di Jalan Juanda lebih pendek dibandingkan CFD yang digelar sebelum masa pandemi Covid-19. Hal ini dilakukan agar event CFD lebih efektif dan mudah dalam monitoring maupun pengawasan.

Dishub Solo akan mengevaluasi terkait penataan PKL maupun kegiatan masyarakat di area CFD di Jalan Juanda.

“Petugas sekarang tak hanya fokus di CFD Jalan Slamet Riyadi melainkan CFD di Jalan Juanda. Semuanya akan dievaluasi lagi agar CFD menjadi ruang kreativitas dan ekonomi bagi masyarakat,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya