SOLOPOS.COM - Situasi arus lalu lintas di Jl Pemuda, Klaten, yang akan dipakai menggelar car free night sebulan sekali mulai Sabtu (11/2/2023). (Dok Solopos)

Solopos.com, KLATEN — Ajang Car Free Night atau CFN rutin sebulan sekali akan digelar untuk kali pertama pada Sabtu (11/2/2023) malam di Jl Pemuda mulai dari Simpang Lima Matahari sampai Simpang Empat Toko Hape, Klaten.

Pembukaan agenda tersebut bakal dimeriahkan panggung hiburan musik dan pentas budaya yang berlokasi di depan pintu gerbang Gedung Sunan Pandanaran Klaten atau di seberang Alun-alun Klaten.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Sementara itu, untuk menampung kendaraan pengunjung, akan disiapkan 13 lokasi parkir yang terdiri atas 10 lokasi parkir sepeda motor dan tiga lokasi parkir mobil. Dari informasi yang diunggah akun Instagram @polres_klaten, Jumat (10/2/2023), 10 lokasi parkir untuk sepeda motor itu yakni:

  1. Seputar Alun-alun Klaten (bisa muat 3.000 motor)
  2. Jl Sulawesi/Sidowayah (muat 1.000 motor)
  3. Jl Piere Tendean/Sikenong (muat 1.000 motor)
  4. Jl Tentara Pelajar/samping Kodim (muat 750 motor)
  5. Jl Wijaya Kusuma (muat 1.200 motor)
  6. Jl KS Tubun (muat 1.200 motor)
  7. Plaza Matahari (muat 1.500 motor)
  8. Jl Anggrek (muat 1.500 motor)
  9. Jl Cempaka (muat 750 motor)
  10. Jl Teratai (muat 1.000 motor)

Sedangkan tiga kantong parkir untuk mobil atau kendaraan roda empat untuk pengunjung CFN Jl Pemuda Klaten yakni:

  1. Jl Pemuda dari Simpang Empat Bareng – Simpang Lima Matahari sisi kiri (muat 150 mobil)
  2. Jl Pemuda dari Simpang Tiga BRI – Simpang Tiga Adipura sisi kiri (muat 250 mobil)
  3. Jl Merbabu dari Samsat – Stadion Trikoyo (muat 250 mobil)

Sebelumnya, Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya, saat ditemui Solopos.com di Desa Jonggrangan, Klaten Utara, Kamis (9/2/2023) sore, mengatakan akan ada panggung hiburan di depan pintu masuk Gedung Sunan Pandanaran. “Diisi pentas budaya dan musik,” kata Yoga.

Yoga menjelaskan CFN digelar mulai pukul 19.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Sementara penutupan ruas Jl Pemuda, Klaten, untuk kegiatan CFN bakal dimulai pukul 18.00 WIB.

Dibuka oleh Bupati

Yoga mengatakan CFN akan diresmikan pada Sabtu malam oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani. Rencananya, CFN digelar rutin sebulan sekali pada Sabtu malam pekan kedua. “Evaluasi bersama akan terus dilakukan termasuk panggung hiburan apakah bisa menarik pengunjung atau tidak,” jelasnya.

Salah satu tujuan CFN di Jl Pemuda adalah menggeliatkan UMKM di Klaten. Para pelaku UMKM bisa berjualan di sepanjang jalan selama CFN berlangsung. Sesuai rencana awal, pedagang bisa berjualan di salah satu sisi jalan agar badan jalan utama bisa tetap dilintasi para pejalan kaki.

Yoga menegaskan meski ada CFN, Alun-alun Klaten tetap steril dari pedagang atau dilarang digunakan untuk berjualan sesuai ketentuan yang sudah diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup). Sebelumnya, Bupati Klaten, Sri Mulyani, juga mengingatkan para pedagang termasuk warga yang berdatangan ke CFN agar menjaga kebersihan lingkungan dari sampah.

“Kami sudah mewadahi dengan memberikan panggung kepada UMKM terutama pelaku kuliner [melalui kegiatan CFN]. Saya mohon betul, para pedagang ketika berjualan membawa tempat sampah sendiri dan sampah dibuang pada tempatnya. Sampah yang sudah terkumpul bisa dibawa pulang. Pengunjung juga menjaga kebersihan. Jangan sampai buang sampah sembarangan,” urai dia.

Kalau pedagang dan pengunjung tidak bisa menjaga kebersihan, Mulyani mengatakan tidak akan segan-segan untuk menghentikan CFN alias tidak akan digelar lagi pada bulan-bulan berikutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya