SOLOPOS.COM - Kondisi skybridge yang menghubungkan Terminal Tirtonadi Solo dan Stasiun Kereta Api Solo Balapan, Minggu (25/12/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Wacana pembuatan jalur pedestrian atau city walk bagi pejalan kaki dari Terminal Tirtonadi menuju Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan, Solo, mendapatkan respons positif dari Kepala Terminal Tirtonadi, Joko Sutriyanto.

Ia menyebut Terminal Tirtonadi siap menampung para pengunjung Masjid Raya Sheikh Zayed. Ditemui Solopos.com, Selasa (27/12/2022), Joko menyambut baik wacana pembuatan city walk. Kepala Terminal Tirtonadi tersebut bahkan mengusulkan agar city walk terkoneksi dengan skybridge.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Menurutnya, hal itu akan mempermudah pengunjung. “Saya sangat mendukung adanya wacana pembuatan city walk tersebut agar para pengunjung Masjid Raya Sheikh Zayed bisa lebih nyaman. Tetapi kalau boleh susul, city walk itu terkoneksi dengan skybridge agar lebih mudah untuk para wisatawan,” ulas Joko.

Yang dimaksud Joko dengan mempermudah wisatawan, yakni agar mereka yang dari luar kota tidak perlu bingung mencari moda transportasi menuju Masjid Raya Sheikh Zayed.

“Misal ada pengunjung dari Klaten naik bus, tidak usah bingung cari kendaraan menuju ke Masjid Raya Sheikh Zayed. Cukup naik ke skybridge. Berlaku juga yang dari Stasiun Solo Balapan, turun dari kereta, langsung naik skybridge jalan kaki ke Masjid Raya Sheikh Zayed, paling jaraknya tidak sampai 600 meter,” tambahnya.

Baca Juga: Wah! Terminal Tirtonadi-Masjid Sheikh Zayed Solo akan Dihubungkan City Walk

Selain itu, Terminal Tirtonadi juga siap menyediakan kantong parkir untuk para pengunjung Masjid Raya Sheikh Zayed. “Harapannya pengunjung bisa menggunakan moda transportasi umum, tetapi kalau memang ada pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi, kami siap untuk menampung. Selain itu tentu akan lebih tertata dan aman,” terang Joko.

Tempat untuk Pedagang Cinderamata

Menurut Joko, jika wacana city walk dari Terminal Tirtonadi ke Masjid Raya Sheikh Zayed Solo itu terwujud, dibutuhkan ruang yang tidak hanya mengakomodasi para pejalan kaki, tetapi juga pedagang cinderamata. Ruang yang diperlukan sekitar delapan meter untuk satu koridor city walk.

“Kalau memang terwujud, saya harap tidak hanya untuk pejalan kaki, tetapi juga ada juga ruang untuk para pedagang cinderamata bisa berjualan dengan menggandeng pelaku UMKM Solo. Mungkin lebar koridornya sekitar delapan meter agar nyaman untuk interaksi di dalamnya,” tegas Joko.

Baca Juga: Punya View Masjid Sheikh Zayed, Skybridge Solo akan Dijadikan Objek Wisata Baru

Ia menilai pemandangan dari skybridge menuju Masjid Raya Sheikh Zayed sangat indah dan sayang untuk dilewatkan. “Di skybridge itu pemandangannya bagus, ada Masjid Raya Sheikh Zayed dari jauh, ada juga hotel dan bangunan besar di sekitarnya. Selain itu ada juga pemandangan transportasi umum,” tegas Joko.

Diberitakan sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Solo Ahyani mengatakan ada rencana membangun city walk dari Terminal Tirtonadi menuju Masjid Raya Sheikh Zayed menggunakan dana hibah dari Uni Emirat Arab (UEA). Alasan kenyamanan menjadi alasan pembangunan city walk tersebut.

“Jalur pedestrian semacam city walk bakal dibangun mulai dari Tirtonadi [Terminal Tirtonadi] sampai masjid. Ini untuk akses pejalan kaki dan wisatawan yang hendak berkunjung ke masjid,” ujar Ahyani, Senin (26/12/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya