SOLOPOS.COM - Pelaku (bersepeda di samping mobil) yang diduga melakukan pencurian sepeda di Alun-Alun Karanganyar, Minggu (28/3/2022) terekam kamera CCTV Pemkab Karanganyar. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Seorang pria tak dikenal tertangkap kamera CCTV mencuri sepeda onthel milik seorang bocah di Alun-alun Karanganyar, Minggu (27/3/2022). Korbannya adalah Yerico, 14, asal Desa Kayuapak, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo. Yerico menangi saat mengetahui sepedanya yang seharga Rp3,3 juta hilang.

Pencurian sepeda onthel itu bermula saat Yerico pagi-pagi datang ke alun-alun dengan bersepeda bersama enam temannya. Mereka pun memarkir sepeda mereka di jalan utara alun-alun atau di depan Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Karanganyar.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepada tukang parkir, Yerico membayar uang parkir Rp.1000 tanpa diberi karcis. Lalu anak-anak ini pun meninggalkan sepeda mereka di antara puluhan sepeda lain di kawasan tersebut.

Baca Juga: Syukurin! Nyasar di Gang Buntu, Penjambret di Karanganyar Ditangkap

Seusai pergi jalan-jalan, anak-anak itu kembali ke parkiran untuk mengambil sepeda masing-masing. Namun saat itu sepeda Polygon senilai Rp3,3 juta milik Yerico tidak ada di tempat.

Setelah dicari ke sana-sini sambil menanyakan kepada tukang parkir dan orang-orang di sekitarnya, sepedanya tetap tidak ketemu. Menyadari sepedanya telah dicuri seseorang, Yerico pun menangis dan meminta tolong salah satu temannya untuk menghubungi orang tuanya, Eko Suyamto.

Eko pun segera datang ke Alun-alun untuk memastikan kejadian yang dialami anaknya. “Anak saya menangis, katanya sepedanya hilang. Lalu saya datang ke Alun-alun untuk memastikan kejadiannya dan menjemputnya. Ternyata sepedanya tidak ada, dicuri orang,” ujarnya, Senin (28/3/2022).

Baca Juga: Motor Ditinggal Saat Ketahuan Mencuri, Maling Ini Malah Lapor Polisi

Salah seorang kerabatnya menyarankan Eko agar meminta bantuan pihak Pemkab Karanganyar untuk membuka rekaman CCTV yang terpasang di sekitar lokasi. “Makanya Senin ini saya ke sini [Setda Karanganyar] untuk melihat rekaman CCTV pada waktu kejadian,” imbuhnya.

Dalam rekaman tersebut, sepeda Yerico itu dibawa oleh pergi pria tak dikenal. Orang itu mengenakan topi putih dan berkaus hijau terang. Sebelum mengambil sepeda Yerico, pelaku terlihat mengamati situasi parkiran yang dijaga dua tukang parkir. Pelaku mengambil kesempatan untuk mengambil sepeda dengan mendatangi tukang parkir yang berbeda dengan tukang parkir yang ditemui Yerico.

Eko mengatakan sudah menemui tukang parkir untuk menanyakan perihal kehilangan tersebut. “Sudah ada kesanggupan dari dia untuk mengganti sebagian nilai sepeda itu. Saya ke Pemkab ini hanya ingin memastikan bahwa sepeda anak saya benar-benar dicuri orang,” imbuhnya.

Baca Juga: Maling Gasak 2 Rumah di Jumantono, Uang dan Emas Rp85 Juta Raib

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Karanganyar, Sujarno mengatakan pihaknya siap memberikan rekaman kamera CCTV jika dibutuhkan oleh pihak berwajib. “Kalau kasus ini dilaporkan kepada polisi, kami siap memberikan rekamannya untuk membantu penyelidikan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya