SOLOPOS.COM - Pelaku pencurian tas jemaah Masjid Agung Madaniyah, Karanganyar pada Selasa (20/12/2022) menjalani pemeriksaan di Mapolres Karanganyar, Rabu (21/12/2/22). (Istimewa/Polres Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Seorang warga Jombang, Jawa Timur bernama R Hendhi Wahyu Febriyanto, 39,
ditangkap petugas setelah mencuri tas jemaah Masjid Agung Madaniyah Karanganyar, Selasa (20/12/2022). Aksinya mencuri terekam kamera salah seorang jemaah yang diambil dari lantai 2 masjid.

Pelaku mencuri tas milik dua korban, yakni Muh. Abdul Majid Azindani, warga Boyolali dan Ahmad Nizam Adi Nadifa, warga Rembang.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Selasa sekira kira pukul 19.00 WIB, Abdul Majid sampai di Masjid Agung Madaniah dengan tujuan untuk melaksanakan Salat Isya berjamaah. Saat itu ia datang dengan membawa tas punggung hitam.

Sebelum salat, Abdul Majid mengambil air wudu kemudian masuk dan meletakkan tasnya di dekat salah satu pilar di dalam masjid tersebut. Ia pun bergabung di saf jemaah lainnya untuk mengerjakan salat. Setelah selesai melaksanakan salat Isya ia kembali ke pilar untuk mengambil tasnya. Namun saat itu sudah tidak mendapati tasnya berada di tempat.

Baca Juga: SLBN Karanganyar Batal Direlokasi ke SDN 4, Bupati: Lahannya Kurang Luas 

Sementara itu, dalam sebuah rekaman video yang diambil seseorang jemaah, terlihat pelaku yang berdiri di dekat pilar tidak mengikuti salat berjamaah. Dalam melakukan aksinya, pria bersarung ini sempat membuka jaket. Kemudian ia mengambil tas milik koran dan menggendongnya sebelum ia memakai jaketnya kembali.

Berhasil dengan satu tas, pelaku berjalan meninggalkan para jemaah menuju pintu utara. Ketika ia berjalan, ia melihat satu lagi tas cangklong yang diletakkan jemaah di pilar lainnya. Pelaku pun langsung memanfaatkan kesempatan tersebut sekali lagi. Kali ini ia berpura-pura melepas sarung dan mengambil tas tersebut.

Apes, aksi ini diketahui dan direkam oleh orang lain yang segera melaporkannya ke petugas keamanan masjid. Segera saja, sebelum keluar area masjid pelaku diringkus dan diamankan oleh petugas keamanan.

Baca Juga: Sudah 3 Pekan 3 Tahanan LP Sragen yang Kabur Belum Tertangkap

Sementara itu, Kapolres Karanganyar, AKBP Danang Kuswoyo, melalui Pjs Kasubsi Penmas Seksi Humas, Bripka Sakti, membenarkan informasi pencurian di Masjid Agung Madaniyah tersebut. “Atas kejadian tersebut korban pertama melaporkan ke Polres Karanganyar,” ujarnya.

Kapolres berpesan agar para jemaah tetap berhati-hati dan waspada saat menjalankan salat. “Mulai parkir di tempat yang sudah di sediakan, untuk barang bisa diawasi sendiri dengan baik. Hindari membawa barang-barang berharga atau mewah saat berada di dalam masjid atau menjalankan salat, jika terjadi kehilangan segera melapor ke pengurus atau penjaga masjid agar bisa dicek langsung melalui CCTV dan menjadi bahan laporan ke Polres Karanganyar,” imbaunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya