SOLOPOS.COM - Sejumlah kendaraan melintas di Tol Batang-Semarang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Jumat (21/4/2023). Pada H-1 Lebaran Idul Fitri 2023, pemberlakuan "one way" dari Jakarta menuju Jawa Tengah dihentikan. ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/rwa.

Solopos.com, SUKOHARJO — Gelombang arus balik pemudik mulai terlihat pada H+1 Lebaran di sejumlah ruas jalan di Sukoharjo. Puncak arus balik Lebaran diprediksi pada H+3 Lebaran atau 25 April seiring berakhirnya masa cuti bersama Lebaran.

Masa cuti bersama Lebaran berakhir pada Selasa (25/4/2023).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Para aparatur sipil negara (ASN) dan karyawan perusahaan harus kembali bekerja pada Rabu (26/4/2023). Mereka diperkirakan menempuh perjalanan untuk pulang ke daerah perantauan pada Selasa.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo, Toni Sri Buntoro mengatakan gelombang pemudik yang pulang ke daerah perantauan terlihat di Jalan Solo-Jogja dan Jalan Solo-Wonogiri. Kedua ruas jalan itu merupakan jalur arus mudik dan balik Lebaran.

“Volume kendaraan bermotor yang melewati kedua ruas jalan itu meningkat tajam. Ini menandakan sebagian pemudik mulai meninggalkan kampung halaman untuk pulang ke daerah perantauan,” kata dia, saat berbincang dengan Solopos.com, Minggu (23/4/2023).

Puncak arus balik Lebaran diprediksi pada Selasa malam. Para ASN dan karyawan perusahaan bakal pulang setelah merayakan Lebaran di kampung halaman.

Toni menyebut sebagian pemudik memilih pulang lebih awal lantaran tak ingin terjebak kemacetan parah di jalan tol maupun jalan arteri. Mereka memilih pulang ke daerah perantauan pada H+1 Lebaran.

“Prediksi arus balik Lebaran pada Selasa malam. Para pemudik diperkirakan tiba di daerah perantauan pada Rabu dini hari,” ujar dia.

Lebih jauh, Toni mengatakan volume kendaraan bermotor yang melewati Bundaran Kartasura dan simpang empat Bulakrejo meningkat tajam selama masa cuti Lebaran. Peningkatan volume kendaraan mencapai lebih dari 50 persen.

Kendaraan bermotor didominasi mobil pribadi pemudik dan bus angkutan Lebaran. “Kondisi arus lalu lintas ramai lancar. Banyak juga pemudik yang masih berkeliling mengunjungi sanak famili untuk bersilaturahmi,” tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya