SOLOPOS.COM - Wali Kota Gibran Rakabuming Raka memiliki tiga agenda penting saat kunjungan ke AS. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memiliki tiga agenda utama di Amerika Serikat (AS) sampai 15 September 2023. Belum ada kerja sama antara pemerintah di AS dengan Pemkot Solo sejauh ini.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Solo, Ari Dwi Daryatmo, menjelaskan tiga agenda Wali Kota Solo, yakni menghadiri undangan dan berpartisipasi pada acara promosi industri kreatif Indonesia di Los Angeles.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Selanjutnya New York Fashion Week – The Shows Spring Summer 2023/2024. Agenda terakhir adalah pertemuan dengan Dewan Ekonomi dan Sosial PBB (UN ECOSOC). Gibran mengajukan cuti sampai Jumat (15/9/2023).

Ari menjelaskan kemungkinan Gibran mencari kerja sama antara pemerintah atau instansi di AS dengan Pemkot Solo. Belum ada kerja sama pemerintah di AS dengan Pemkot Solo sejauh ini.

“Selama ini belum ada,” kata Ari ditemui Solopos.com di Kelurahan Danukusuman, Kecamatan Serengan, Solo, Selasa (12/9/2023) siang.

Namun, lanjut dia, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Solo telah menjalin kerja sama dengan sejumlah instansi dari AS, antara lain Badan Pembangunan Internasional AS (USAID). Kerja sama itu untuk program pembangunan Kota Solo.

Plh. Wali Kota Solo sekaligus Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa menjelaskan ada tiga kegiatan Gibran di AS selama hampir dua pekan. Teguh tidak ingat secara detail kegiatan Gibran selama di AS.

“Beliau berdua [dengan istrinya sekaligus Ketua Tim Penggerak dan Pemberdayaan Keluarga Kota Solo Selvi Ananda]” jelasnya.

Menurut dia, Gibran dan Selvi melakukan perjalanan Rabu (6/9/2023). Kemungkinan Gibran berkantor mulai Senin (18/9/2023). “Ada, tidak ada [Wali Kota Solo] tugas saya sama,” kata dia.

Teguh menjelaskan ada agenda paripurna yang membahas Raperda tentang Perubahan APBD Kota Solo 2023, Selasa (12/9/2023). Tidak ada kendala meskipun Wali Kota Solo sedang berada di luar negeri.

Catatan Solopos.com, Gibran melakukan kunjungan ke sejumlah negara sejak awal Juni 2023, yakni kunjungan ke Korea Selatan, Sabtu (3/5/2023). Selanjutnya Gibran melakukan perjalanan ke Jepang awal Juli 2023.

Kunjungan Gibran ke Korea Selatan menghasilkan kerja sama berupa peluncuran mobil listrik Hyundai Ioniq 5 bermotif batik kawung di ICE BSD, Tangerang, Kamis (10/8/2023). Mobil itu diproduksi secara terbatas.

Kerja sama industri otomotif Korea Selatan dengan industri kreatif Indonesia itu merupakan bagian dari perayaan 50 tahun hubungan diplomatik Korea Selatan dan Indonesia.

Kunjungan Gibran di Korea Selatan juga diikuti dengan event lanjutan berupa konser, salah satunya menghadirkan grup K-Pop, Xodiac di Pura Mangkunegaran, Solo, Minggu (17/9/2023) malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya