SOLOPOS.COM - Direktur Solo Raya Polling, Suwardi, saat diwawancara wartawan, Selasa (26/3/2024) di Warteg Bolodewe Manahan. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO—Masyarakat Kota Solo ternyata paling menyukai figur atau sosok Calon Wali Kota (Cawali) dengan latar belakang pengusaha.

Setidaknya hal itu terlihat dari hasil survei Lembaga Solo Raya Polling yang dirilis Selasa (26/3/2024). Survei dilakukan terhadap 640 responden di 80 lokasi survei. Mereka dari berbagai latar belakang sosial dan ekonomi.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Responden yang memilih calon pemimpin Solo dengan latar belakang pengusaha paling tinggi, yaitu 25 persen. Di posisi kedua ada politikus, lalu profesional, akademisi, santri, birokrat, TNI/Polri, dan pegiat masyarakat.

Berikut daftar tingkat ketersukaan masyarakat Solo terkait profesi calon pemimpin mereka berdasarkan survei Solo Raya Polling:

1. Pengusaha: 25,6 persen
2. Politikus: 22,7 persen
3. Kalangan profesional: 12,5 persen
4. Santri/Ulama: 10,6 persen
5. Akademisi: 7,2 persen
6. Tokoh Ormas/Pegiat masyarakat: 6,3 persen
7. Birokrat: 5,6 persen
8. Aparat TNI/Polri: 3,1 persen
9. Semua kalangan: 1,3 persen
10. Tidak tahu/Tidak jawab: 5,2 persen

Sedangkan dari aspek agama calon pemimpin Solo, sebanyak 39,4 persen responden menyatakan mempertimbangkan hal itu. Dan yang tidak mempertimbangkan aspek agama calon pemimpin Solo sebanyak 40,3 persen.

“Selebihnya, yaitu 20,2 persen responden kurang mempertimbangkan agama dalam memilih calon pemimpin Solo,” ungkap Direktur Solo Raya Polling yang juga Dosen Unisri Solo, Suwardi, saat menggelar konferensi pers, Selasa (26/3/2024)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya