SOLOPOS.COM - Jemaah calon haji menunggu jadwal keberangkatan di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES), di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (28/7/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Moch. Asim)

Daftar tunggu haji di Karanganyar mencapai 19 tahun.

Solopos.com, KARANGANYAR — Daftar tunggu ibadah haji di Karanganyar mencapai 19 tahun. Berbekal ketentuan tersebut, setiap warga yang mendaftarkan ibadah haji tahun 2017 baru dapat menunaikan ibadah haji pada 2036.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Hal itu diungkapkan Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Karanganyar, Museri, kepada Solopos.com, Jumat (1/9/2017). Animo warga Karanganyar yang ingin naik haji setiap tahunnya minimal mencapai 450 orang.

“Saking banyaknya warga yang ingin naik haji, daftar tunggunya relatif bertahun-tahun. Di Karanganyar, daftar tunggu mencapai 19 tahun. Biaya naik haji saat ini senilai Rp35,6 juta per orang,” katanya.

Museri mengatakan jumlah warga Karanganyar yang melaksanakan ibadah haji pada 2017 mencapai 566 orang. Jumlah tersebut dinilai lebih banyak dibandingkan tahun 2016, yakni sebanyak 471 orang.

“Di tahun 2018, diperkirakan jumlah warga yang naik haji mencapai 550-an orang. Meski daftar tunggu haji di Bumi Intanpari hingga 19 tahun, panitia penyelenggara ibadah haji biasanya juga memprioritaskan para pendaftar yang tergolong lanjut usia [lansia],” katanya.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengimbau ke warga Karanganyar yang berminat ingin naik haji harus rutin menjaga kesehatan. Hal itu penting lantaran ibadah haji membutuhkan kondisi tubuh yang fit.

“Seperti ibadah haji tahun ini, suhu di Tanah Suci terbilang panas [jauh berbeda dibandingkan dengan suhu di Karanganyar],” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya