SOLOPOS.COM - Komunitas motor CB dari Jateng dan Jatim memeriahkan kontes piala gubernur di Terminal Tirtonadi, Solo, Minggu (26/6/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Kota Solo membuktikan diri sebagai magnet kuat dengan menyedot kerumuman puluhan ribu orang dari berbagai komunitas atau elemen masyarakat di Jateng, Jogja dan Jatim.

Betapa tidak? Dalam tiga hari terakhir, Solo dikunjungi puluhan ribu orang dari berbagai wilayah itu dalam event yang berbeda. Event pertama yaitu Tahlil Akbar dan Selawatan bersama Habib Syech di Benteng Vastenburg, Jumat (24/6/2022), yang diikuti sekitar 10.000 orang.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Mereka tidak hanya berasal dari Solo, tapi dari Soloraya dan sekitarnya, termasuk Ngawi, Jawa Timur. Kegiatan tersebut digelar oleh DPC PDIP Solo untuk memeriahkan Bulan Bung Karno.

Sehari berselang, Sabtu (25/6/2022), kerumunan puluhan ribu orang kembali memadati kompleks Benteng Vastenburg, Kota Solo. Kali ini yang berkumpul adalah para penggemar penyanyi Denny Caknan.

kerumunan kota solo
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyaksikan kontes sepeda motor CB di Sport Hall Terminal Tirtonadi Solo, Minggu (26/6/2022) siang. (Solopos/Kurniawan)

Denny menjadi penampil utama Konser Tri Sakti Bulan Bung Karno yang juga digelar DPC PDIP Solo. Ketua Panitia Konser Tri Sakti, YF Sukasno, memperkirakan jumlah penonton konser tersebut mencapai 30.000 orang.

Baca Juga: Sampek Tuwek Denny Caknan Bayar Penantian Penonton Konser Di Solo

Penonton yang datang sampai membeludak hingga luar area benteng. Dia berharap kedatangan puluhan ribu orang ke Solo dapat mengakselerasi pergerakan ekonomi setelah dihantam pandemi Covid-19.

Utamanya dari transaksi ekonomi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah. Apalagi panitia juga menggelar pameran produk UMKM di area sebelah barat Benteng Vastenburg Kota Solo yang tengah menjadi pusat kerumunan.

Ajaran Bung Karno

Menurut Sukasno, ajaran Tri Sakti Bung Karno salah satunya meliputi bidang ekonomi yaitu dengan berupaya mewujudkan kemandirian ekonomi bangsa Indonesia.

Baca Juga: PDIP Solo Klaim 10.000 Orang Hadir di Tahlil Akbar Bareng Habib Syech

“Tri Sakti itu kemandirian di bidang ekonomi. Cita-cita Bung Karno ke sana, maka PDIP tetap melibatkan para UMKM dalam kegiatannya. Hal ini sekaligus untuk mendukung program Mas Wali Kota terkait kepedulian terhadap para pelaku UMKM,” ujarnya.

Ajaran lain dalam konsep Tri Sakti Bung Karno, lanjut Sukasno, yakni kedaulatan rakyat dalam bidang politik dan berkepribadian dalam bidang kebudayaan. Dua hal itu harus bisa diwujudkan dalam kehidupan masyarakat. “Ini Tri Sakti Bung Karno,” urainya.

Event terakhir yang berhasil menyedot kerumunan ribuan orang ke Kota Solo yaitu kontes sepeda motor Honda CB di Sport Hall Terminal Tirtonadi lantai II Solo, Minggu (26/6/2022). Tidak hanya kontes, acara itu sekaligus menjadi momentum para pencinta motor CB berkumpul.

Baca Juga: Ribuan Honda CB Nangkring di Terminal Tirtonadi Solo, Ngapain Ya?

Alhasil ribuan sepeda motor tua itu memadati setiap sudut Terminal Tirtonadi hingga membeludak di pinggir Jl Ahmad Yani dan gang-gang sekitar terminal. Banyaknya sepeda motor CB yang datang sampai membuat arus lalu lintas di Jl Ahmad Yani tersendat.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, dilihat dari pelat nomor kendaraan yang dipakai, mereka tidak hanya berasal dari Soloraya, tapi dari berbagai daerah di Jateng dan Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya