SOLOPOS.COM - Calon PAW Sulardiyanto saat dijumpai Solopos.com di Karanganyar belum lama ini. (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Satu kursi anggota DPRD Karanganyar dari PDIP milik mendiang Suprihatin akhirnya segera terisi. Di waktu sebelumnya, satu kursi tersebut dibiarkan kosong selama setahun lebih lantaran Suprihatin telah tutup usia.

Dalang asal Tawangmangu, Sulardiyanto ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar sebagai calon pengganti antar waktu (PAW) tersebut. Berkas penetapan nama calon PAW itu resmi telah diserahkan KPU kepada Ketua DPRD Karanganyar, Bagus Selo.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Bagus Selo mengatakan surat penetapan calon PAW Suprihatin telah diterima pimpinan Dewan pada Senin (6/3/2023). Penetapan tersebut menindaklanjuti surat permohonan proses PAW yang sebelumnya dikirimkan pimpinan Dewan kw KPU.

“Ya sudah ada jawaban dari KPU. Surat jawaban untuk PAW anggota DPRD dari PDIP atas nama Suprihatin diterima pimpinan Dewan kemarin,” kata Bagus kepada Solopos.com, Selasa (7/3/2023).

Dalam surat yang diterima pimpinan DPRD, KPU menetapkan nama Sulardiyanto sebagai calon pengganti antarwaktu Suprihatin yang meninggal dunia pada 2021 lalu. Nama tersebut sesuai dengan hasil pemilihan legislatif (Pileg) 2019 lalu.

Selanjutnya pimpinan Dewan akan memproses pelantikan PAW bersangkutan. Di mana prosesnya, pimpinan DPRD akan mengirimkan berkas dari KPU untuk diajukan ke Bupati Karanganyar, Juliyatmono. Lalu dilakukan persiapan pelaksanaan PAW.

Wakil Ketua DPRD Karanganyar, Anung Marwoko, mengatakan DPRD segera melakukan PAW setelah surat KPU diterima pimpinan. Dengan PAW ini maka fungsi fraksi dan keanggotaan DPRD menjadi terisi.

Sulardiyanto mengaku belum menerima infromasi terkait dengan nama calon PAW Suprihatin.

“Tanyakan saja langsung ke pimpinan Dewan. Saya tidak tahu,” katanya.

Saat ditanya proses PAW Suprihatin yang berlarut-larut hingga setahun lebih, dia enggan mengomentarinya.

Sebagai informasi anggota FPDIP DPRD Karanganyar Suprihatin meninggal dunia pada 2021 karena sakit. Calon PAW merupakan peraih suara terbanyak setelah Suprihatin di daerah pemilihan (dapil) setempat. Sulardiyanto memperoleh suara terbanyak setelah Suprihatin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya