SOLOPOS.COM - Petugas Damkar Solo sedang mengevakuasi ular viper hijau ekor merah yang sangat berbahaya, Senin (24/4/2023) siang. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Solo mengevakuasi dua ekor ular di dua lokasi berbeda di Solo, Senin (24/4/2023). Beruntung, ular-ular tersebut berhasil dievakuasi sebelum mematuk warga yang beraktivitas di dekatnya.

Informasi yang diperoleh Solopos.com, ular pertama dievakuasi dari depan Apotek Bouty Medika di Jalan Jenderal Sudiarto Nomor 34 Solo. Laporan diterima petugas Damkar Solo ihwal adanya seekor ular dan permintaan bantuan evakuasi pukul 09.00 WIB.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Sejurus kemudian Tim Damkar Solo meluncur ke lokasi dan langsung melakukan upaya evakuasi ular viper hijau ekor merah. Petugas menggunakan stik khusus untuk mengevakuasi ular tersebut. Selanjutnya ular berukuran tak seberapa besar itu dimasukkan kotak atau boks.

Sore harinya, pukul 18.27 WIB Pos II Kottabarat mendapatkan laporan adanya ular dari warga. Ular jenis Lycodon Capucinus atau ular cecak itu diketahui berada di garasi mobil salah seorang warga di Dukuh Kendal RT 004/RW 033 Mojosongo, Jebres.

Petugas Pos II Kottabarat meneruskan laporan itu ke petugas Pos Induk Pedaringan. Mendapat informasi tersebut, Tim Damkar Pos Induk Pedaringan langsung meluncur ke lokasi sembari membawa peralatan evakuasi yang dbutuhkan. Dalam hitungan menit, ular cecak tersebut berhasil dievakuasi Tim Damkar Solo.

Kabid Penyelamatan, Penanganan, dan Pertolongan Korban Dinas Damkar Solo, Samsu Tri Wahyudin, mengatakan pihaknya tidak hanya melayani atau bertugas memadamkan kebakaran. Banyak hal yang dilakukan petugas Damkar.

Mulai dari pemadaman api/kebakaran, evakuasi ular, evakuasi sarang tawon, melepaskan cincin dari jari tangan, evakuasi orang terkunci di kamar, hingga evakuasi hewan peliharaan yang masuk got. Setiap operasi itu tidak dipungut biaya.

Masyarakat tinggal menghubungi nomor emergency call atau datang ke pos Damkar Solo bila membutuhkan pertolongan. Tim Damkar Solo akan langsung meluncur ke lokasi setelah mendapatkan laporan dari masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya